04 February 2015

Pohon Sosis yang Menggemaskan

Pohon sosis, ini saat musim kemarau, pohonnya tidak rindang dan buahnya kurus
Saat mencari tempat shalat di salah satu sudut di Dufan, saya melewati pohon yang menggemaskan. Dari jauh sudah terlihat buah-buahnya yang lonjong berwarna coklat dan bergelantungan seperti diikat tali. Sementara pohonnya sendiri rindang dan meneduhkan.

Semakin mendekat melihatnya saya semakin gemas dengan buahnya. Kelihatannya segar dan enak dimakan, apalagi bergelantungan dan tidak terlalu tinggi sehingga bisa dipegang. Ini membuat orang yang melewati daerah situ tertarik untuk melihat, memegang dan bahkan ada yang menuliskan coretan di buahnya. Yang terakhir ini tidak perlu dicontoh, karena akan merusak buah dan merusak keindahannya.

Bunganya pun bagus dengan warna merah tua. Apalagi kalau saat mekar di tengahnya ada semacam putik yang menjulur ke luar.

Saya penasaran dengan pohon dan buah ini jadi sengaja berlama-lama berteduh sambil memperhatikan. Ternyata di bawah pohonnya ada papan dengan tulisan yang sudah agak memudar “kigelia pinnata atau pohon sosis”. Itu lah nama pohon dan buahnya yang yang bikin gemes itu.
Papan nya sudah lusuh, letaknya di bawah, jadi kalau tidak memperhatikan tidak terlihat tulisan ini

Saya baru pertama kali lihat pohon ini di Dufan, dimana lokasinya yang satu di dekat wahana Turangga-rangga dan di dekat pintu masuk depan kantor untuk pembuatan annual pass. Di tempat lain di Jakarta walaupun sudah belasan tahun tinggal dan keliling Jakarta, belum pernah melihat pohon ini. Makanya saat pertama lihat saya cukup lama memperhatikan pohon ini.

Tadi iseng browsing di google, ternyata banyak blogger yang menuliskannya dan rata-rata kesannya adalah bikin gemes dan menarik perhatian orang. Di antara blogger itu ada yang menceritakan saat melihat di Tahura Ir. Djuanda Bandung, ada yang di halaman kampus Unej Jember dan juga di kebun raya Bogor.

Menurut Wikipedia, pohon sosis ini namanya Kigelia Africana. Pohon ini asalnya tumbuh di daratan tropis Afrika yang membentang dari Chad hingga Afrika Selatan. Kigelia berasal dari bahasa setempat (Mozambik) yang artinya sejenis makanan sosis. Makanya di sini disebut sebagai pohon sosis karena bentuknya seperti sosis raksasa.

Sementara pohonnya tinggi bisa mencapai lebih 20 meter dan berdaun lebat jika turun hujan sepanjang tahun dan akan sedikit gugur kalau tiba musim kemarau.

Buahnya berukuran panjang antara 30-100 cm dengan diameter sekitar 18 cm. Buahnya berwarna hijau kalau masih muda dan warna kecoklatan kalau sudah tua. Buahnya kalau dibelah terdiri dari serat dan ada beberapa biji di dalamnya. Buah ini tidak bisa dimakan oleh manusia, konon beracun. Tapi biji-bijinya nya sering dimakan oleh binatang seperti babun, gajah, jerapah, monyet dan mamalia lainnya.

Di samping itu menurut kepercayaan orang Afrika buahnya adalah bisa digunakan sebagai obat-obatan untuk rematik, digigit ular atau obat kesurupan. Bisa juga digunakan untuk perawatan kulit. Nah ini untuk perempuan, silakan dicoba.

Pohon dan buah sosis ini banyak ditanam sebagai tanaman hiasan karena bunganya yang bagus dan juga buahnya yang unik. Tapi kalau ingin menanamnya harus disesuaikan tempatnya agar buahnya tidak membahayakan orang yang ada di sekitar kalau buahnya jatuh. Bisa bikin terluka atau bisa penyok kalau mengenai mobil.

Disamping di daerah tropis Afrika tanaman ini juga bisa ditemui di beberapa wilayah di India, Australia. Kalau di Indonesia sendiri, berdasar blog yang saya baca baru ada di Dufan Jakarta, Kebon Raya Bogor, Taman Hutan Rakyat Ir. Djuanda Bandung dan di halaman Unej Jember. Mungkin bisa ditambahkan kalau ada yang lain yg tahu dimana ada pohon sosis ini.

Saya masih penasaran siapa yang pertama kali membawa pohon ini ke Indonesia, termasuk juga siapa yang ada ide menanam pohon ini di Dufan.

11 comments:

  1. Hahaha kirain pohon sosis sonice haha ternyata emang pohon asli afrika

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dan beracun kalau dimakan buahnya.. :-) mau coba?

      Delete
  2. Aaaaaaak, dulu waktu ke dufan juga pernah mampir ke situ. Sholatnya juga di musholla di foto itu. Hihihihi. Pohonnya rindaang, jadi adem dan bisa dijadikan area lelarian anak kecil di situ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. rindang. makanya enak duduk berlama2 di situ. apalagi yang lewat juga bening *awas ditoyor istri.. hehehe.. satu lagi, di situ jg ada konter sosis bakar yang enak. nyoba juga ga kak dani?

      Delete
  3. Wahahaha... Baru tau ada pohon sosis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang. masih jarang. di jkt aja baru lihat di dufan.

      Delete
  4. Belum pernah lihat, dan pengen lihat langsung :D
    Kayaknya enak dimakan, sayangnya beracun ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang lah ke dufan, sekalian refreshing abis ujian.. :-)

      Delete
  5. Wuaa, lucu bentuknya. benar kayak sosis, mas. hihi. gak boleh dibawak pulang yah? *pakai nanya lagi. tapi sayang gak bisa dimakan yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok dibawa pulang, asalkan harus dimakan. mau? :-)

      Delete