27 April 2012

Handphone Android Anda Rusak, Flash Ulang aja Sendiri

Sekitar setahun yang lalu saya pernah menulis tentang android. Yaitu “bawalah ke service center kalau handphone android anda rusak”. Kebetulan itu juga pengalaman pribadi punya handphone android murmer pada saat itu, Samsung Galaxy 5.

Di awal beli android, ROM bawaannya adalah Eclair (ver 2.1). Karena itu ROM resmi (ROM adalah istilah untuk sistem operasi di gadget, semacam Windows kalau di pc/laptop) maka semua fungsi yang standar bawaan berjalan dengan lancar. Seperti kompas, GPS dan lain-lain yang sudah ada di handphone android bisa berjalan dengan baik. Cuma ada satu kelemahan yaitu program terasa berat jalannya, jadi harus agak sabar menunggu kalau sedang loading. Secara tampilan juga terasa kaku dan begitu-begitu saja.

Karena dirasa sudah mulai melambat androidnya, dan juga mulai bermasalah, diputuskanlah untuk dibawa ke service center untuk di-flash ulang ROM nya. Intinya masalah terselesaikan dan juga gratis alias tidak bayar karena masih dalam masa garansi. Dan ini adalah pilihan yang tepat untuk membawa ke service center jika ada masalah dan masih dalam masa garansi.

Dengan berjalannya waktu, android versi baru bermunculan. Saat itu Froyo sedang ngetrend dan banyak dipakai di handphone android keluaran baru. Tampilan jauh lebih bagus, lebih tajam, berwarna warni, efek-efek yang dinamis dan tentu saja lebih cepat dari Eclair, ROM resmi dari androidku, Samsung Galaxy 5. Kabar pun bermunculan kalau handphone android lama bisa diupgrade ke Froyo yang keren itu. Tidak ketinggalan juga Samsung Galaxy 5.

Isu akan ada upgrade ke Froyo tentu membuat senang pemiliknya. Tidak tahu karena apa rencana ketersediaan ROM resmi Froyo di Samsung Center sampai berbulan-bulan tidak pernah ada kejelasannya. Walau agak lambat akhrinya tersedia juga Froyo official di samsung Center. Itu pun tidak bisa serentak. Untuk Jakarta saat itu kalau tidak salah cuma ada di 3 Samsung Center yang besar aja.

Adanya Froyo official ini membuat saya juga tertarik untuk upgrade Samsung Galaxy 5 kesayangan. Saat itu di Samsung Center Bekasi belum tersedia. Dibela-belain ke Samsung Center Pondok Indah untuk mengupgrade nya. Handphone pun berhasil terpasang Froyo. Tapi sayang, ada beberapa masalah dengan Froyo ini. Kompas ngaco, tidak bisa mengirim sms ke nomer tertentu dan battery terasa lebih boros dengan penggunaan yang sama. Sudah dicoba dibawa kembali ke service center dan dijelaskan permasalahannya. Confirm, teknisinya juga mengamini masalah yang sama tapi mereka 'nyerah' tidak bisa membuat fix permasalahan yang ada. Di-flash ulang pun hasilnya nihil. Dan ini yang membuat saya mulai merasa kecewa dengan Samsung Center tentang upgrade Froyo di Samsung Galaxy 5 saya.

Ternyata hal itu ada hikmahnya. Saya jadi mencari informasi-informasi di google seputar Froyo di Galaxy 5, yaitu apakah ada pengguna Galaxy 5 yang mengalami dengan hal yang sama. Hingga akhrinya saya tertarik dengan topik 'custom ROM' untuk Samsung Galaxy 5.

Sekarang saya punya pengetahuan baru bahwa ada “official ROM” dan “custom ROM”. Dari namanya sudah menjelaskan sendiri kalau “official ROM” adalah ROM yang dikeluarkan secara resmi oleh sang pembuat hardware dan di support olehnya, sedang “custom ROM” dibuat oleh sekelompok orang pengembang software atau pehobi. Tentu saja yang terakhir tidak di support oleh pabrikan (dalam hal ini Samsung) dan yang memberi support adalah komunitas baik pihak pengembang atau pihak pemakai yang berkolaborasi dalam sebuah komunitas untuk saling support.

Dari komunitas ini disamping banyak mendapatkan informasi baru, saya belajar secara online tentang seluk beluk men-flash ROM baru, yang kalau kita ikuti sebenarnya tidak susah-susah amat. Bahkan bisa dikatakan mudah. Karena saya yang tidak ada background teknis bisa mengikuti dengan lancar cara-cara untuk melakukan flash ROM. Maka saya mulai mencoba memasang custom ROM di Samsung Galaxy 5 saya. Yang saya coba pasang adalah ROM yang sudah teruji stabil, yaitu MadRom versi 2.0.9 buatan MAD Team (singkatan dari Motafoca Android Development Team). Proses flash saya lakukan sendiri dengan petunjuk-petunjuk yang sebelumnya saya baca. Proses flashing, akhirnya, berhasil dan saya memakai custom ROM tersebut sampai beberapa bulan. Hingga akhirnya bosan dan ingin kembali ke ROM official nya.

Lalu saya cari informasi lagi dan belajar tentang pemasangan kembali ROM official setelah android ku di-flash dengan custom ROM. Setelah mencari tahu tentang caranya dilanjut dengan mencari dimana tersedia ROM official dari Galaxy 5. Ternyata ROM yang saya cari ketemu lengkap dari versi awal hingga terakhir berikut peruntukan untuk masing-masing region nya. Bukan hanya itu, hampir semua ROM official smartphone Samsung tersedia disini. Dulu nama situs penyedia ROM official itu adalah samfirmware.com dan sekarang berubah menjadi sammobile.com. Tidak hanya disitu saja, di forum-forum lain ada juga yang menyediakan daftar ROM official untuk Samsung Galaxy 5 misalanya seperti di xdadeveloper dan madteam forum.

Bahan-bahan untuk mengembalikan ROM official sudah tersedia, tutorialnya juga sudah dibaca, sekarang tinggal prakteknya saja. Pas dicoba mempraktekkan ternyata lancar dan tidak ada kendala. Maka saat sudah bosan atau ingin kembali ke ROM official tinggal lakukan flash ulang, atau sebaliknya. Itulah enaknya dengan android dan bisa flash sendiri ROM nya.

Saat ini saya menggunakan custom ROM dari CyanogenMod 7 khusus untuk Samsung Galaxy 5 yang juga saya dapatkan dari MAD Team. CyanogenMod 7 atau biasa disingkat CM7 adalah custom ROM yang dibuat dari gingerbread yang telah dioptimasi. Cara men-flash CM7 ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan flash custom ROM keluaran sebelumnya atau ROM official. Ada beberapa step yang harus dilalui. Tapi menurut saya masih cukup gampang untuk diikuti. CM7 yang saya gunakan versi adalah CM7 ver 2.3 + hotfix 3 yang dirilis pertengahan April 2012.

CM7 di Galaxy 5 saya terlihat lebih tajam gambarnya, lebih cepat, lebih ringan dan bagus-bagus kosmetiknya. Jauh sekali kalau dibandingkan dengan Froyo atau Eclair. Sayang sekali di CM7 tidak terpasang Swype yang support Bahasa Indonesia seperti halnya Eclair dan Froyo official.

Saya senang sudah bisa mengotak atik sedikit Samsung Galaxy 5. Hasilnya memuaskan. Dan saya sekarang akan mengatakan “handphone android anda rusak, flash ulang aja sendiri”, tidak seperti dulu yang mengatakan (eh menulis) “handphone anda rusak, bawalah ke serive center”. Tapi kalau memang masih garansi saya akan memilih untuk bawa ke Samsung Center.

Ada teman yang komentar saat saya belajar melakukan flash sendiri, ngapain repot-repot belajar seperti itu. Kalau memang ingin sesuatu yg lebih dari handphone android kita upgrade la hardware nya, misalnya mutu kamera, besarnya prosesor atau leganya memory internal. Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga, toh umur pakai gadget sekarang rata-rata sekitar 2 tahun saja. Jadi kalau bosen dan kurang puas dengan performa tinggal ganti dengan yang baru dengan spek yang tinggi. Tapi, paling tidak saya punya sedikit pengetahuan dan pengalaman mengoprek gadget.

Gadget apa yang anda pakai sekarang?

75 comments:

  1. gus-singaraja baliApril 30, 2012 at 4:26 PM

    untuk room hp cross ad 350 ada ga biar bisa di upgrade, ni normalnya masih android froyo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekan gus, saya belum tahu untuk custom ROM untuk hp anda. tadi sudah saya coba googling, tapi belum menemukan hasil. sudah juga masuk ke situsnya cyanogenmod, malah device anda tidak ada list nya disitu.

      ya begitulah, sebaiknya kalau coba mau main2 dengan android, cari aja yang merk global (samsung, sony, htc). tapi merk zte dan huawei pun sekarang sudah mulai banyak custom rom nya.

      atau saran saya, coba ikut di forumnya kaskus ke subforum android. biasanya banyak petunjuk dari sana. saya pun saat mengoprek samsung galaxy 5 juga dapat petunjuk permulaan dari sana.

      maaf belum bisa membantu.

      Delete
  2. gus-singaraja baliMay 6, 2012 at 12:54 PM

    oya, kalo misalnya instal ulang cross nya dengan android froyo bagaimana caranya dan software apa saja yang diperlukan? mohon bantuan dan tutorialnya. trima kasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah memakai cross dan belum pernah juga mencoba flashing sendiri. tutornya pun saya belum pernah baca. kalau hp android cross anda masih garansi, saya sarankan bawa saja ke service centernya untuk dilakukan flash ulang.

      atau saya menyarankan anda untuk bergabung di komunitas online dan mencari informasi dari sana. biasanya lumayan banyak clue nya. misalnya bisa dimulai dari sini:
      http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=577

      saya sendiri baru mencoba flashing sendiri di samsung galaxy 5 saya dan sony ericson x10 minipro punya istri saya. keduanya, jauh berbeda cara flash nya dan paket android yang mau di-flash.

      demikian, maaf masih belum bisa membantu.

      Delete
  3. Mas, temen saya pengguna Galaxy 5 juga. Mau flashing sendiri soalnya hape error. Tapi gatau gimana. Tolong kasih link tutorialnya dong mas. Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi ente dimana mas? Kalau di deket-deket sini mungkin saya bisa bantu flash kalau dah mentok.

      Saya belum membuat tutorial sendiri. Tapi kalau mau mencoba flash sendiri, bisa dilihat di link di bawah ini. Menurutku sih penjelasannya lengkap dan gampang diikuti.

      Cara Flash dari Kaskus
      Cara Flash dari Kaskus lagi

      Delete
    2. makasih mas, sekarang hp temen saya sudah bisa dan diupgrade pake CM7-RC0, tinggal cari cara buat upgrade jadi CM7-RC2 v2.4 :D

      Delete
    3. rekan faiz,
      syukurlah kalau sudah berhasil upgrade. btw, kalau memang sudah terinstall cm7, gampang toh untuk upgrade ke versi yang lebih tinggi. masih bisa pakai recovery yg sama. tinggal download aja cm7 terbaru yang dimau.

      selama gonta ganti versi cm7, saya cuma install sekali recovery-nya dan bisa dipakai seterusnya untuk rilis terbaru cm7.

      Delete
  4. mas, tolong komen yaa, kalo ssc di bekasi di BCP ya adanya?? HH saya bootloop terus, ga mau masuk ke homescreen. trus untuk minta OS android yg baru itu kira2 brapa ya biayanya? (diluar garansi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSC di Bekasi ada 2. Yang satu di ruko2 sampingnya Informa, deket tol Bekasi Barat. Yang satu lagi, yang agak baru di, Mega Bekasi, deket tangga jalan naik ke arah XXI.

      Untuk minta versi terbaru, biasanya disesuaikan dengan HH nya. Misalnya yang jadul punya saya, Galaxy 5, itu hanya mentok di Froyo. Yang saya tahu terakhir kalau dah ga garansi kena bayar Rp 75 - 100 ribu.

      Delete
  5. Tau cara install ulang samsung galaxy pocketga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mr. DJ, kayaknya galaxy pocket itu masih baru deh. Jadi ga ada salahnya dibawa aja ke service center terdekat. Toh masih garansi dan gratis. Atau kalau garansinya sudah ga berlaku, paling kena Rp 75rb.

      Kalau saya sih belum pernah coba kotak-katik galaxy pocket. Tapi semestinya sih ga jauh beda dengan samsung yang saya pakai, jadi sepertinya ga susah2 amat... :-)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. gan, kalau hp blank cuma tampil tulisan android masalahnya apa

    ReplyDelete
  8. Mas,

    Hp saaya soner. OS Ice Cream Sandwhich. Baru saja ngehang. muncul logo "sony" saja saat dihidupkan.
    Ini kenapa ya ?
    Gmn cara ngeflashnya ? Soft apa aja yg dibutuhkan ?

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hp nya yg type apa mas? Soalnya beda tipe, apalagi beda merk akan sangat berbeda cara nge-flash nya. Kalau masih masih pakai stock ROM dan masih garansi, saya sarankan aja dibawa ke Soner (sekarang Sony aja) untuk di flash ulang. Kalau pun sudah habis garansi, masih bisa juga di flash ulang dan dikenakan biaya tertentu, saya pernah kesana kena Rp 100rb.

      Tapi kalau anda sudah flash dengan custom ROM dan terbiasa ngotak-atik, saya sarankan untuk baca dulu baik2 panduannya. Mungkin bisa mblusuk dulu ke Kaskus atau ke Xda Developer.

      Demikian semoga sedikit membantu

      Delete
    2. HP nya tipe Sony Experia Tipo Dual(sim)...
      Garansi belum habis mas, msh 11 bulan lagi.
      Brarti kerusakan bukan pada hardware ya ? Amin.... Tapi kok baru beli softwarenya udah rusak ya ? Faktor2 apa saja yg membuat software bisa rusak ? Viruskah ?
      BTW< Sony di bogor di mana ya ? Dulu pernah ada Sony di Botani Sq, skrg dah ga ada lagi.

      trims

      Delete
  9. HP CROSS AD350 kalo dipakek mengunduh aplikasi di market itu kenapa kok selalu ada tulisannya "GALAT" ya ?
    apa ada yang kliru ?
    mohoon di jawab bagi yang tau .
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. galat (error) berarti ada yg salah dengan koneksinya atau program yang diunduh. emang mengunduh aplikasi apa dari market? apakah kalau mengunduh semua aplikasi, atau hanya aplikasi tertentu saja yang ada tulisan galat nya?

      kalau masih garansi, bawa aja ke service center

      Delete
  10. Alhamdulillah androidku ga da masalah.cman bgamana mengatasi memori internal yg sering penuh,padahal memori masih tersisa 20mb kok sdh ada notifikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ungaze your memory
      Search di mbah google
      Tutorial ungaze

      Delete
  11. mas, hp saya error setelah di root pake universal androot error nya ngga bisa masuk ke pengaturan, yg keluar malah Proses com.android.phone telah di hentikan secara tiba2. coba lagi. saya pake hp MAXTRON MG-251 android froyo mohon bantuan nya terimakasih

    ReplyDelete
  12. Gan, cara flash ulang yang benar itu gimana ya ? Thanks before :)

    ReplyDelete

  13. Young ku udh ganti costum rom 3 kali.
    Gagal cma 1kali.
    Skarang pake zello rom. (Timescape)

    ReplyDelete
  14. gan kalo instal ulang galaxy ace2 gimana gan?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. mantap gan, berhasil....
    ada info lomba blog nih, cek di http://www.ekonsul.com/2013/03/yamaha-new-xeon-rc-cepetnya-dapet.html

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Jawabannya....data paketnya habis
      Sinyal dr providernya mungkin juga.

      Delete
  18. Mas, handphone saya nexus google dan mati total tidak bisa dihidupkan lagi. Sudah dibawa ke samsung center katanya motherboard /ic nya rusak.. Kalau diservis, kemungkinan rusaknya lagi besar ga ya mas? Terimakasih

    ReplyDelete
  19. mas bisa bantu cara flash axio picopad qgn saya gakk??
    udah bosenn nih gue nyari2 caranya, gak dapet2..

    mohon bantuan nya mas,
    kalo bisa bantu,
    bole contac 087819282930 atau athree.pirmandi@gmail.com

    sekali lagi mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  20. Bos...kalo officiAl rom buat samsung galaxy young dwld dimana.....ane pengen balimin spt semula.stlh pakai cm10.....

    ReplyDelete
  21. Bos...kalo officiAl rom buat samsung galaxy young dwld dimana.....ane pengen balimin spt semula.stlh pakai cm10.....

    ReplyDelete
  22. Bos...kalo officiAl rom buat samsung galaxy young dwld dimana.....ane pengen balimin spt semula.stlh pakai cm10.....

    ReplyDelete
  23. Bos...kalo officiAl rom buat samsung galaxy young dwld dimana.....ane pengen balimin spt semula.stlh pakai cm10.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sammobile bro....go to sign in and take the room what you need it.
      Please say thank if i help you bro

      Delete
  24. ngapain pakai cm10,cm9, ice sanwid, os android nya yang cepat rusak, error , hape blang goblok, bodoh dan tolol, pakai cm 7 juga sudah pintar semuanya bisa tanpa rusak berat conseliting listrik ic,atau pisitor

    ReplyDelete
  25. Bro saya kan beli Andromax I saya masih dalam masa garansi tapi android saya pernah di root jadi berlaku tidak garansinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya kalau sudah di-root bisa menggugurkan garansi. mungkin sebaiknya dikonfirmasi langsung saja ke pihak smartfren. atau, kalau mau diakali kan bisa di unroot kan? :-)

      Delete
  26. minta bantuannya donk mas,hp saya samsung young s5360.....hank dan cm keluar logo samsung berkali-kali. gimana caranya supaya bisa normal kembali........di tunggu informasinya

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi dimana? kalau di bekasi, bawa segera ke samsung center di mega bekasi hyper mall. kalau masih garansi mungkin ga kena biaya. kalau sudah lewat garansi biasanya kena biaya sekitar Rp 100 ribu.

      atau kalau jauh dari samsung center, bisa ke tempat service biasa yang bisa nangani android. biayanya hampir sama, atau coba aja tawar lagi. semoga cepet sembuh hp nya ya bu

      Delete
    2. Klo dijakarta mungkin saya bisa bantu..
      Ada stock firmware 2.3.6 gingerbread for samsung young

      Delete
  27. Gan Ane Mau nanya Nih Soal Androidd,Ane kan Make Samsung SHW-M100S(koreanversion) Aneh Oprek Tuh software Trus Ane salah nghapus d Folder#syms/apps/ Ane ke hapus smuaa , Nah pas Itu Hanpon Restars Sendiri Eh ternyata Dia Eror Gagal Masuk Menu (bootlop) jadi Bisa gak Gan Ane Flash Tuh hanpon , Tapi d odin ga ke detet gan Bagi Solusi Dongg ,


    trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan febry....klo hh ente ga kedetect di odin coba di paksa pake usb jig..
      Naahh si usb jig itu fungsinya maksa hp qta untuk masuk ke download mode.
      Coba check diyoutube...
      make usb jig

      Klo ga berhasih juga.
      Coba copot semua yg nempel di hh agan termasuk batreinya juga....and then colokin hh agan pake usb ke pc tekan terus tombol volume up dan down 1-3menit sampe bunyi beep beep
      lalu masukkan batrei agan...and flash hh agan.
      Please say thanks if i help you bro

      Delete
  28. Gan kalau di flash itu data nya ilang ga?

    ReplyDelete
  29. Buat yg didaerah jakarta
    Khusus samsung ane punya stock buat bantu flashingnya..08992695654
    Mybe i can help bro and sis.

    ReplyDelete
  30. Ini...kenapa ya kok android saya jadi error gini.
    Padahaln apl nya sudah saya hapus, tapi kenapa memory internalnya tetep gedhe ?
    apa butuh di instal ulang supaya balik ke awal lagi ?
    Mohon bantuannya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang2 install ulang rom (flash rom) adalah jurus pamungkas agar kondisi hp android menjadi spt awal beli. walau harus nanti repot2 menginstall ulang aplikasi yang sudah di download. sebaiknya jangan lupa backup sms, contact, dll dan restore lagi setelah flash ulang.

      kalau masih garansi, datang aja ke service center. niscaya gak akan kena charge. tapi kalau sudah habis garansi paling kena sekitar rp 100 ribu-an.

      Delete
  31. Ponsel saya xperia miro. Os asli kan ics tp saya upgrade k jelly bean pake CM. Ternyata jelly bean sy g support sm kamera, jdi kamera g bs d pke rekam. Sy udah cb flashing ulang pake firmware yg asli. Tp selalu gagal. Gimana solusinya, apa ada yg salah waktu flsahig ulang? Thx.

    ReplyDelete
  32. permisi gan,ane kan punya android mito tipe a800 trus ane bwa ke tman tmpat service biar d flash,.eh gk taunya mlah d format trus data smuanya hilang dan udh mati total,trus gmana bnerinnya gan?ane ud punya custom romnya

    ReplyDelete
  33. gan minta tolong penjelasan.. kmren saya coba ganti room temensaya. nah ktk sudah unlock bootloader n flash karnel. trxta ktk dhdpkn gak mw masuk n gak mw booting gmn y? mhn penjelasannya

    ReplyDelete
  34. Mas ni hp saya galaxy younh. Udah sya upgread ke jely bean ko malah ga bosa buka play store. Nah itu gmn solusi ny mas? Tlong bantu ya

    ReplyDelete
  35. Mas ni hp saya galaxy younh. Udah sya upgread ke jely bean ko malah ga bosa buka play store. Nah itu gmn solusi ny mas? Tlong bantu ya

    ReplyDelete
  36. Mas ni hp saya galaxy younh. Udah sya upgread ke jely bean ko malah ga bosa buka play store. Nah itu gmn solusi ny mas? Tlong bantu ya

    ReplyDelete
  37. Mas ni hp saya galaxy younh. Udah sya upgread ke jely bean ko malah ga bosa buka play store. Nah itu gmn solusi ny mas? Tlong bantu ya

    ReplyDelete
  38. gan hp q samsung galaxy pocket mini GT-S 5300 bsa nge_flash nggk???klaupn bsa ,,,sklian upgrade android 4.1 jelly bean???mohon pncerahannya.

    ReplyDelete
  39. mas
    hp samsung y gt s5360 saya tiba2 berhenti pas main game
    q buka batre nya q hidupkan lg tp malah logo samsung terus yg muncul. thx y..

    ReplyDelete
  40. Hp saya galaxy s3 mini,setelah gadipake selama 3 minggu tanpa lepas batere,pas di charge gabisa.sampe sekarang gabisa nyala,kenapa ya?terimakasih

    ReplyDelete
  41. mas, hp saya iphone 5c replika. error blank, yg keluar tinggal lambang android nya . gimana ya ? makasih

    ReplyDelete
  42. Mas hp saya Samsung Galaxy Ace 3. Setelah berhasil di root, saya kemudian mencoba install aplikasi 'beats audio' milik HTC dan ternyata gagal, sekarang musik player dan semua aplikasi yg berhubungan dengan sound tidak dapat dibuka atau lag. Mohon bantuannya mas agar hp saya bisa kembali normal, terima kasih.

    ReplyDelete
  43. bisa dilakukan sendiri ya sob?
    kalo Raras masih takut takut nanti kalo gagal, soalnya belum banyak pengetahuan mengeni hal ini, hehehe, makasih pengetahuannya

    ReplyDelete
  44. gan samsung ane bootloop kira" klo service di samsung resminya kena berapa y gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih garansi ga? kalau masih garansi sih mestinya gratis. kalau dah ga garansi, kena sekitar rp 75 - 100 ribu. tapi itu sekitar 2 th lalu. sekarang mestinya ga jauh dari itu.

      Delete
  45. gan cara ngatasi hp Cross A10, jika wifi di hidupkan jadi galat truz otomatis restart sendiri..solusinya gmn??

    ReplyDelete
  46. Mohon solusinya...
    Saya punya andromax c, restart sendiri kalau dinyalain hanya 1 menit aja nyalanya habis itu mati total nggak lama hidup sendiri dan seterusnya begitu. Kunci jg udah di nonaktifkan tp gk bsa2. Di factory reset jg nggak bisa masuk ke recovery ya..

    ReplyDelete
  47. ika putri,,,
    flashing ulg aj...

    ReplyDelete
  48. samsung galaxy tab 2 7.0 gt p3100 saya restart terus , sudah coba factory reset g ada perubahan , sudah flashing jga tetap g ada yg berubah...mohon batuannya

    ReplyDelete
  49. gan cross a10 waktu nyalakan wifi langsung restart diri ituh soffware pa hardware, Mohon bantuannya

    ReplyDelete