Handphone Android Anda Bermasalah, Bawalah ke Service Center



Kemarin pas ada waktu luang sehabis memperpanjang STNK, saya menyempatkan diri mampir ke Samsung Center Bekasi. Sebenarnya sudah lama mau berkunjung kesini untuk memeriksakan handphone android saya. Saya pakai Samsung Galaxy 5. Ada sedikit masalah seperti yang pernah saya tulis disini [link] dan satu lagi kalau ditaruh di kantong celana sering mati. Kadang kadang restart sendiri. Mumpung masih garansi tidak ada salahnya diperiksakan. Tapi karena sering tidak punya waktu luang, dan perasaan malas, takut antri, membuat keinginan kesana tidak terlaksana. Padahal lokasi gedungnya sangat strategis dan mudah dicapai karena berada di dekat gerbang tol Bekasi Barat.

Saat masuk cuma ada satu pelanggan yang sedang dilayani. Lumayan pikir saya. Lalu saya langsung mengambil nomor antrian. Belum juga lama duduk di tempat menunggu sudah dipanggil oleh salah seorang customer representativenya. Saya ceritakan masalahnya. Yaitu handphone sering mati saat di taruh di kantong celana. Apalagi misalnya kalau celananya yang tebal model jins, lebih sering kejadian tiba-tiba handphone mati. Sempat terfikir kalau ini disebabkan karena batrei nya sudah tidak bagus. Android juga terkenal boros batrei. Juga kemungkinan batterai longgar bisa saja juga jadi penyebab.

Saya minta untuk diperiksa dan diupdate softwarenya. Mungkin saja ketidaknormalan itu disebabkan karena softwarenya tidak terinstall sempurna atau ada bagian tertentu yang corrupt. Sukur-sukur kalau bisa diupgrade ke firmware yang lebih tinggi, Froyo atau android versi 2.2. Standarnya Samsung Galaxy 5 terinstall android versi 2.1 atau sering disebut dengan Eclair. Tapi untuk update ke Froyo belum tersedia untuk Samsung Galaxy 5. Padahal banyak varian yang keluar setelah Galaxy 5 sudah langsung keluar dengan Froyo. Apalagi dengan harga yang lebih murah dari Galaxy 5. Apakah karena peluncuran varian baru ini yang menyebabkan tidak dikembangkannya update ke Froyo untuk pengguna Galaxy 5? Atau juga ini strategi dari Samsung agar varian barunya menjadi lebih laku? Wah saya tidak bisa menebak-nebak lebih jauh lagi. Yang penting saya berharap agar segera ada update ke Froyo seperti yang dijanjikan saat Galaxy 5 baru launching. Buktinya ada pada leaflet dan box dengan tulisan bisa diupgrade ke Froyo kalau sudah tersedia.

Akhirnya diinstal ulang Eclair nya. Sebenarnya saya berharap sudah ada Eclair versi update, tapi ternyata Eclair yang diinstall adalah sama persis dengan bawaan handphone. Saya pikir tidak apa-apa. Dengan harapan ada perubahan dan masalah terselesaikan dengan diinstall ulang ini. Walau saya harus mengorbankan koleksi software yang sudah terinstall dan arsip sms yang lumayan banyak. Sebenarnya masih bisa dilakukan backup tapi karena saya tanpa persiapan ke Service Center sehingga tidak melakukan backup.

Saya diminta menunggu beberapa saat sementara proses install ulang software berlangsung. Estimasi proses antara 20-30 menit. Dan memang benar tidak sampai 30 menit menunggu saya sudah dipanggil lagi oleh customer servicenya. Proses sudah berhasil. Lalu dilanjutkan dengan restore kembali phonebook yang sukurnya juga bisa berhasil lancar. Sekitar 570-an kontak berhasil kembali semua. Tapi sms yang lumayan banyak dan program-program yang diinstall harus direlakan lenyap.

Kini sudah hampir seminggu handphone dipakai dan juga dikantongi seperti biasa, tapi tidak pernah mati lagi. Terasa menunya pun lebih cepat dibanding saat masih pakai Eclair bawaan handphone. Dan yang lebih menyenangkan lagi, ternyata problem yang pernah saya tulis juga sudah teratasi alias tidak terjadi lagi.

Sekarang tinggal menginstall lagi program-program yang terhapus akibat update firmware. Sukurlah semuanya sudah selesai dengan lancar.

Kesan saya dengan layanan Samsung Center Bekasi, pelayanan ramah, cepat dan masalah terselesaikan. Mungkin karena kerusakan di handphone saya tidak parah sehingga mudah penyelesaiannya. Dan yang lebih penting lagi tidak dikenakan biaya alias gratis, karena masih dalam masa garansi. O ya hampir ketinggalan, Samsung rupanya pintar memilih orang untuk yang berada di frontline service centernya. Ada 3 orang customer representative yang bening-bening dan tentu saja ramah. Bahkan dari ketiga orang itu seakan-akan wajahnya mirip. Sungguh menambah segarnya mata akibat teriknya panas dan udara bekasi akhir-akhir ini.

Saran saya kalau handphone anda ada masalah, sedikit apa pun kalau masih dalam masa garansi jangan sungkan-sungkan untuk datang ke service center. Kadang-kadang masalah itu bisa teratasi, khususnya untuk smartphone dengan upgrade firmware yang lebih tinggi dan reinstall dengan versi yang sama.

41 comments

  1. Arsyahra phonemart
    Penjualan dan Hauwei, Nexian, ZTE dan Haier Service center resmi (authorized)

    Jl. Raya Ciater Ruko Nusaloka Sektor 14-6 Block QH No. 6 BSD Serpong tangerang
    Phone: 02198277000
    email: arsyahra@yahoo.com
    facebook: http://www.facebook.com/arsyahra.phonemart

    ReplyDelete
  2. Saya juga pernah bermasalah handphone Samsung Galaxy Ace. Bawa ke Samsung Center - eh malah di upgrade jadi Gingerbread / Android 2.3.4 :D

    Gratis pula :D dan, juga cuma 15-20 menit saja.

    Sekarang handphone tsb jadi responsif sekali. Luar biasa Samsung.

    Untuk backup data, saya bisa rekomendasikan :

    # SMS Backup+ : ini mem backup SMS ke account Gmail kita secara otomatis :D mantap sekali

    # Titanium Backup : untuk dengan mudah backup semua software yang sudah terpasang

    Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mau nanya, itu yg buat back up, semacam aplikasi yg bs di download di playstore atau bukan ya? Hp sy skrg mati, gak bs masuk ke menu start, bootloop gitu kalo kata mbah google, masih bisa gak ya back up dg cara di atas saat hp dah spt smula?
      terus ada jg gak ya, buat restore history conversation di bbm? *hiks.
      Makasih :)

      Delete
  3. alamatnya dimana? di mal apa? lantai brp?
    saya jg mw k situ

    ReplyDelete
  4. bukan di mal. tapi di ruko2 yang ada di antara apartemen yang baru mau jadi itu dengan ace hardware bekasi, di kawasan dekat tol bekasi barat. gimana yang ngejelasinnya... :-)

    ReplyDelete
  5. kalau dari giant bekasi ke samsung centre itu naik apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kan di giant (mega bekasi) sekarang ada juga samsung center. Jadi ga perlu ke luar lagi. Kalau tetep mau kesana, tinggal nyebrang aja jalan kaki. Terus coba ke ruko2 yang ada di antara apartemen dan Informa. Ruko2nya yang banyak taksi2 mangkal.

      Delete
  6. mantaapp.. mau kesana ahh..
    thanks yaa infonyaa..

    ReplyDelete
  7. kalo hari sabtu samsung servis center buka ga ya pak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya lihat di Mega Bekasi (Giant), Sabtu buka.

      Delete
    2. oke sip . siap meluncur ke lokasi

      Delete
  8. Jual segala gadget atau hanya service centre yang di bekasi ya mas? Maklum saya baru pindahan dari bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disitu pusat gadget di Bekasi. Atau kalau kurang puas bisa nyeberang jalan kaki ke Metropolitan Mall dan Bekasi Cyber Park :-)

      Delete
  9. gan kesana bawa kartu garansinya? terus kartu garansinya harus dibalikin dulu ya sbelum 7 hari pembelian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bawa aja kartu garansi. yang penting barangnya original kan?

      ga perlu dibalikin dulu kartu garansinya. nanti pas kesana sama mbak/mas nya akan didata lagi dan ditanyain kartu identitas. biasanya itu sudah masuk ke database nya kok.

      o ya, jangan panggil gan ya? aku bukan juragan, walau aku kaskuser jg, tapi kurang suka istilah gan... :D

      Delete
  10. kalo samsung galaxy young gue erorr nih baru pake 2 minggu karna kamera 360 nya jadi galaxy Y gue mati dan pas di nyalain cuma berhenti di tulisan samsung aja;( baru padahal,apa software nya ya yg kena;( terus yg hrs gue bawa ke sana apa aja-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarah, handphone nya masih garansi kan? bawa aja ke service center samsung terdekat. kalau masih garansi, ga kena biaya saat service. tapi kalau dah habis masa garansi kena charge sekitar Rp 100 ribu. kalau kesana bawa aja box nya (kelengkapan saat beli baru).

      Delete
  11. samanih gue juga.samsung galaxy young gw eror di nyalain cuma loading sampai di tulisan samsung doang gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ipank, saran saya bawa saja ke samsung service center terdekat. minta di flash ulang. kalau masih garansi, ga kena bayar. kalau dah habis garansi kena charge. biasanya ga lama kok proses flashing nya.
      kalau di bekasi, adanya di mega bekasi hyper mall. lt 1 lurusan eskalator yang menuju ke studio xxi.

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. bantu dong, samsung w gw kena salah masuk pola, kemudian di minta msuk via email gmail. tp setelah gw msukin email dan pass, tp ga bs juga. ap kl gw bawa ke samsung care nanti akan bisa. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa. apalagi kerusakannya cuma karena salah pola. coba bawa box nya sekalian. siapa tahu diperlukan/ditanya.
      masih garansi kan? kalau garansi masih gratis lagi.

      duh, dah kayak pegawai samsung nih... he he he

      Delete
  14. Bisa ga sih klo play storenya error dibetulin di samsung center? Soalnya coba diinstal ulang malah jadi gabisa dibuka:'(

    ReplyDelete
  15. Hari minggu buka gak nya ssc yg d giant ...

    ReplyDelete
  16. bang.. gua mau tnya nih,
    hp gua samsung young, versi android 2.3.6 rncna mau di upgrade ke versi jellybean 4.2
    prtanyaan : udh bsa gk ?
    dan dmna atw gmna cra ny bg ?
    thankp

    ReplyDelete
  17. Kalo instalan os nya tidak tersedia untuk handphone saya gimana? Apakah tetap bisa di upgrade di samsung service center?

    ReplyDelete
  18. kalau sudah abis waktu garansinya kira" biaya install ulang berapa yah disana ?

    ReplyDelete
  19. alamat tepatnya dimana yah ? tlg bls ya ...

    ReplyDelete
  20. hp gw galaxy core nii gara2 install beats audio smw perangkat audio jadi gak bisa dijalanin termasuk tlp .. kira2 di ssc bisa dibenerin gak yak ?

    ReplyDelete
  21. Sama bgt, samsung aku jg suka mati tiba2.. kejedut sedikit aja bsa lgsg mati.. sensi bgt.. mau dbwa ke SC takut nya nginep, tp ternyata engga.. thanks infonya bermanfaat bgt..

    ReplyDelete
  22. ganti ic samsung grand dous brpa bg

    ReplyDelete
  23. sorry ini saya dari surabaya cuma pengen mnt info kira" klo service camera note 4 belakangnya ad item2nya gitu butuh brp lama ya? soalnya cuma cam belakangnya dan camnya note 4 bs d bongkar tanpa bongkar dalam hapenya. kira2 itu brp lama ya mas?

    ReplyDelete
  24. Apaan... Hp J5 Saya baru servis di servis center samsung bekasi 2 bulan yang lalu eh sekarang ngeheng suka restart sendirinya setiap 30 detik.. Pihak teknisi nya engga bener ngerjain nya nih.

    ReplyDelete
  25. Untuk install ulang di service centerkena biaya brp ya?
    Garansi sudah ga ad.. untuk install ulang software aj.

    ReplyDelete
  26. Permisi agan2 saya mw nanya hp saya j5 prime tiba2 mati total baru sebulan beli.kira2 rusak apanya y pdhl g prnh jatuh.blm sempet di bawa k sc.mo nanya donk yg udh prnh servis d sc hp lgsg jadi apa nginep klo d benerin di sana?terima kasih

    ReplyDelete
  27. perlu brapa biaya buat perbaiki hpnya?

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. Kalo mau ganti kamera belakang berapa lama ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanphone nya apa? masih garansi ga? kalau masih garansi sih mungkin akan diganti unit baru atau ganti mesin. saya ga tahu apa hanya bisa diganti bagian kamera nya aja. karena biasanya pada ponsel itu setiap ada part yang rusak musti ganti 1 blok yg berkaitan dengan part tersebut. CMIW
      untuk waktunya biasanya tergantung ketersediaan part nya. bisa lebih dari 1 bulan kalau part nya harus order dulu di luar :-)

      Delete
  30. kalau mau diperbaiki sendiri dan butuh alat service, visit me
    http://cody.id/

    ReplyDelete

Post a Comment