Samsung Galaxy 5: Problem beralih koneksi internet dari wifi ke apn

Di Samsung Galaxy 5 saya gunakan untuk internetan dengan 2 cara. Pertama yaitu menggunakan wifi kantor. Saat di kantor, numpang koneksi sebentar untuk menginstall program yang diperlukan. Atau install game dan update program-program yang sudah terinstall.Dan yang kedua adalah pakai internet mobile dari gsm. Internet mobile saya gunakan kalau sedang tidak di area wifi dan kalau sedang perlu informasi tentang sesuatu. Misalnya cari informasi tentang acara, tentang lokasi, tentang info lalu lintas atau informasi lainnya yang bisa dicari dengan browsing. Tentu saja memakai koneksi internet mobile membuat jadi was-was akan tarifnya.Apalagi jika menggunakan skema tarif yang bukan unlimited.

Tapi ada masalah yang sedikit mengganjal dan agak merepotkan. Yaitu saat beralih koneksi internet dari wifi ke apn. Setelah menggunakan koneksi wifi dan ingin beralih pakai internet mobile, saya menggunakan apn on/off untuk mengaktifkan koneksi internet mobile. Apn terlihat aktif dan terkoneksi, tapi tidak bisa nyampung ke internet. Kalau dari indikator koneksi di bagian atas muncul logo E/G dan disampingnya ada indikator panah naik dan panah turun yang berkedip. Indikator ini menunjukkan adanya aliran data upload dan download. Nah sampai disini koneksi hanya terlihat ada kedip kedip di panah atasnya. Sedang panah yg ke bawah tidak ada aktifitas. Malah kadang kadang dalam kasus tertentu tidak muncul logo E/G sebagai tanda apn nya aktif. Untuk mengatasinya saya biasanya pakai jurus pamungkas, yaitu restart, power off terus power on lagi. Dan langsung teratasi masalahnya.

Saya sebenarnya ingin tahu apakah ada cara lain selain restart. Karena restart tentu saja akan memakan waktu. Saya juga sudah tanya ke milis id-android, mendapat tanggapan tapi masih belum ada trik yang saya inginkan tersebut.

O ya, Samsung Galaxy 5 saya ini belum diapa-apain (belum di-root atau di flash dengan ROM terbaru) dan masih juga menggunakan firmware standarnya I5503DXJG5.

Walaupun sekarang di kantor sudah mulai menerapkan pembatasan akses internet, sehingga tidak bisa lagi seperti sebelumnya.Tapi tetap saja saya penasaran untuk mencari tahu trik nya. Anda tau trik nya bagaimana?

4 comments

  1. Wah saya pengguna G5 juga ga pernah ngalamin gitu. dari Wifi (ON ke OFF) trus pake internet mobile dn APN Droid (OFF ke ON) selama ini ok saja.Biasanya sih pake widget Power Control ok aja. Ayo mas di upgrade firmware heheh ke custom ROM Motafoca versi 2.0.6 + ext2 bisa tembus skor quadran 700 - 800

    ReplyDelete
  2. O ya bagus lah kalau anda tidak pernah mengalami ini. Atau itu karena anda sudah pakai custom ROM?
    Saya sementara ini ingin upgrade ke Froyo yang official dari Samsung. Tapi kapan ya tidak jelas waktunya dan diulur2 terus. Mungkin kalau ga tahan nanti akan saya flash juga dengan custom Rom seperti punya anda. Trims.

    ReplyDelete
  3. Sepertinya waktu masih Eclair juga tidak masalah mas pindah pindah dari wifi ke internet mobile, Dari eclair saya upgrade ke froyo latin juga tidak masalah (kompas saja yg error). Mungkin bisa di cek di samsung center mumpung masih garansi.

    ini link pengguna G5 mas, http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6680972

    ReplyDelete
  4. Iya masih garansi. Memang sih pernah kepikiran untuk dibawa ke Samsung Center. Tapi males juga. Kecuali sudah ada update Froyo yang resminya he he he.

    Trims untuk link pengguna G5 di kaskus. Sebelumnya saya juga mengikuti trit G5 sebelum rumah yang baru ini.

    Btw, untuk custom rom yang anda pakai, apakah semua berfungsi baik? (kompas, touchscreen, dll). Soalnya custom rom lain ada masalah di kompas dan baterai yang makin boros.

    ReplyDelete

Post a Comment