17 February 2015

Instalasi Ulang Android Lenovo A390

February 17, 2015
Gara gara iseng dan ceroboh, ponsel android ku, Lenovo A390 tidak bisa digunakan. Saat dinyalakan hanya mentok di tulisan dan logo Lenovo, ponsel tidak muncul menunya.

Penyebabnya adalah karena iseng melakukan update aplikasi, dan ceroboh me-remove aplikasi yang bermasalah setelah diupdate. Aplikasi Apex Launcher tersedia update baru di playstore, dan seperti biasa saya melakukan update karena ada fitur baru dari update tersebut. Tapi setelah diupdate ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi tiba-tiba berhenti dan sering memunculkan jendela konfirmasi. Tentu ini jadi mengganggu.

Saya mencoba mencari cara mengatasinya. Dan dicoba beberapa kali restart hasilnya tetap sama. Yaitu muncul pemberitahuan kalau ada error pada launcher dan otomatis muncul kotak dialog. Akhirnya terpikir untuk diremove saja. Tindakan ceroboh itu yang membuat ponsel benar-benar tidak bisa digunakan. Saat direstart terhenti pada logo Lenovo saja.

Padahal tadinya saya mengira dengan me-remove Apex Launcher, maka yang jadi pengganti adalah Lenovo Launcher yang merupakan launcher bawaan dari ponsel. Tapi ternyata Lenovo Launcher nya sudah saya remove saat baru menginstall Apex Launcher, dan saya lupa.

Karena panik dan tidak menemukan solusi, maka jalan terakhir (menurut saya) adalah mending diinstall ulang saja. Atau di flash ulang ROM nya kembali ke Stock ROM. Tentu saja ini dengan resiko kehilangan beberapa data. Untungnya ada beberapa yang sempat di backup, jadi tidak terlalu banyak data yg hilang.

Cara melakukan instalasi ulang pun sebenarnya tidak terlalu susah untuk diikuti. Karena tidak terlalu ribet. Tinggal mengikuti beberapa step saja dengan runut.

Ini peralatan yang saya butuhkan:
  1. Laptop yang terinstall Windows 7
  2. Ponsel Lenovo A390 dan kabel data USB
  3. Software yang dipakai: driver untuk lenovo a390, SP Flashtool, stock ROM Lenovo A390. Setelah di download, extract masing-masing file itu ke salah satu folder di laptop. Khusus untuk stock ROM, hapus file "checksum.ini" setelah di-extract.

Langkah flashing
  1. Install driver. Pastikan ponsel Lenovo A390 saat kabel data USB dicolok ke laptop dikenali setelah proses instalasi driver selesai. Setelah itu lepas ponsel dari kabel USB.
  2. Jalankan SP Flashtool (flash_tool.exe), lalu klik tombol Scatter-Loading dan pilih file scatter yang ada di folder stock ROM yang tadi diextract.
  3. Lalu klik tombol Download, lalu colokkan ponsel yang sudah dilepas baterai nya ke kabel USB. Dan tunggu proses flashing selesai, yang ditandai dengan munculnya kotak dengan lingkaran hijau.
  4. Nyalakan ponsel lagi, dan nikmati ponsel seperti dalam kondisi baru software nya.

Dengan selesainya flashing ROM Lenovo A390 ini, berarti saya sudah pernah flash ulang android di beberapa ponsel. Yaitu Lenovo A390, Sony X10 Minipro dan Samsung Galaxy 5.
logoblog

11 comments:

  1. Eah gak kebayang kalo hp kena kondisi ini. Semoga sih ga pernah. Thx di sharing mas Kamal. Langkahnya bisa diikutin kalo kejadian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Dani, nyesek kalau kejadian seperti itu. Makanya sebaiknya lakukan backup untuk data penting (kontak, notes, dll) biar kalau harus di flash ulang masih bisa di-restore.
      Btw, saya siap bantu kok kalau kak Dani ponsel android nya ngadat dan perlu di flash ulang :-)

      Delete
  2. waaiis kaka hebat bisa install os android sendiri..kalo saya langsung ke mall buat service hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, kalau ga mau repot mending dibawa ke tukang servis ponsel di mall untuk minta flash ulang. paling dengan sekitar rp 100 ribu sudah beres. tapi buat saya, ke mall malah kelamaan, perjalanan nya, cari parkir dan nunggu pengerjaannya. mendingan dikerjain sendiri ga sampai 30 menit sudah beres :-)
      ga hebat la, kan bisa dipelajari pelan2

      Delete
  3. saya lagi mempertimbangkan buat beli hp lenovo, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ponsel android lenovo, umumnya bagus. punya saya yg saya pakai di atas itu beberapa kali jatuh, dan sudah dipakai setahun masih baik2 saja. cuma baterai nya aja yg sejak awal boros.

      sekedar masukan, kalau mau beli ponsel android lenovo, ambil yang seri S atau P dan yg berchipset qualcomm. kalau seri A itu seri yg low-end.

      Delete
  4. wah makasih banyak nih udah bagi2 tutorial + bahan bahan nya ...

    sekarang HP LENOVO saya udah teratasi ...

    Thanks ya .... SUKSES SELALU BUAT AGAN YANG DISANA >.< ^_^ (y)

    ReplyDelete
  5. makasih banyak gan, bermanfaat sekali :D

    ReplyDelete
  6. gan, kalo launchernya di ganti bisa gk ya?
    misal jadi sony x-peria gitu?

    ReplyDelete
  7. tengkyu gan

    lenovo gue terselamatkan

    ReplyDelete