02 January 2013

Kemana Tahun Baruan?

Kembang api tahun baru 2013 di depan rumah
(foto: pribadi)
Ada dua hal yang sering ditanyakan saat tahun baruan, kemana acara pergantian tahun baru dan apa harapan (resolusi) di tahun baru nanti.

Kalau anda ditanya kemana acara tahun baru? Mungkin jawabannya bisa beragam. Ada yang ke pantai, ke pegunungan, ke luar kota atau ke tujuan wisata lain. Tapi pas saya ditanya, saya akan selalu menjawab, di rumah saja. Mendengar jawaban saya tadi, biasanya pada heran dan bertanya lagi, kenapa di rumah saja? Kan enak jalan-jalan? Saya hanya tersenyum menanggapi pertanyaan terakhir tadi.

Penyebab hanya di rumah saja saat tahun baruan ini, saya tidak tahu pasti kenapa. Mungkin ada hubungannya dengan pekerjaan saya dulu yang berada di tempat keramaian. Dulu pertama kerja, saya kerja di Jaya Ancol. Jadinya, tempat yang biasanya dikunjungi orang untuk berwisata, bagi kami yang bekerja disana adalah biasa saja. Bahkan momen seperti liburan sekolah, lebaran atau hari besar keagamaan dan tahun baru seperti ini, bagi sebagian besar orang jalan-jalan ke Ancol adalah berwisata dan bersenang-senang. Tapi bagi kami yang bekerja disana, adalah justru hari ekstra untuk bekerja.

Kebiasaan itu jadi terbawa saat sudah pindah kerja. Ada perasaan malas kalau ke tempat wisata, tapi kita harus bermacet-macet dan berjubel untuk menuju dan pada saat di tempat wisata. Padahal niat kita kan ingin bersantai dan menikmati suasana. Yang ada malah suasana yang tidak mengenakkan. Itu yang saya rasakan. Mungkin buat orang lain, itu adalah seninya berwisata yang juga bisa dinikmati.

Saat setelah menikah pun kebiasaan seperti ini tetap berlanjut. Apalagi istri juga tipe yang sama. Tipe yang malas untuk menikmati suasana liburan atau acara, tapi untuk mencapainya harus bermacet ria dan berdesakan. Jadinya makin klop saja.

Lalu apa saja yang bisa dinikmati tahun baruan dengan di rumah saja? Tentu saja banyak. Umumnya acara TV bagus-bagus. Tinggal mempersiapkan saja makanan pendukungnya, biar acara nonton TV atau sekadar ngobrol-ngobrol dengan anggota keluarga makin seru. Sorenya belanja-belanja dulu makanan ringan dan makanan mentah (baso, otak-otak, kentang, mie). Sebenarnya kalau ada temen yang membantu, boleh juga membakar ikan. Tapi karena tidak ada ya cukup dengan makanan-makanan di atas.

Malamnya, sekitar jam 10-an baru keluar ke halaman rumah. Petasan sudah makin banyak dibunyikan dan kembang api pun sudah mulai ada yang menyakan. Semakin malam bunyi petasan semakin rapat terdengar. Kembang api pun semakin sering terlihat. Dan semakin mendekati pergantian tahun, bunyi petasan dan kembang api semakin menyambung tidak berhenti.

Setelah detik pergantian tahun bunyi petasan dan kembang api mulai berkurang. Dan kami pun masuk ke dalam rumah lagi sambil menonton TV tentang suasa pergantian tahun di beberapa tempat. Sampai akhirnya terasa ngantuk dan tertidur pulas hingga pagi.

Resolusi di tahun baru
Tentunya kita berharap bahwa di tahun baru ini, kita bisa meninggalkan hal-hal yang kurang baik, lalu kita bisa memperbaikinya lagi di tahun baru. Sambil berharap hal-hal lain yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya dalam segala hal.

Harapan saya di tahun ini, khususnya dalam soal per-blog-an adalah:
  1. Tetap konsisten menulis blog
  2. Meningkatkan jumlah tulisan. Kalau di tahun 2012 cuma ada 49 posting, berharap di tahun 2013 bisa sebanyak 100 posting
  3. Meningkatkan kualitas posting. Pertama ingin tulisan yang bermanfaat untuk pembaca. Atau kalau tidak bermanfaat, paling tidak tetap bisa menghibur pembaca. Atau paling tidak, tulisan enak dibaca.
Bagaimana dengan acara tahun baru anda, kemana menghabiskan tahun baru? Dan apa harapan-harapan di tahun 2013 ini?

11 comments:

  1. dari dulu tahun baru nggak kemana2 ...., enakan di rumah ... paling kumpul keluarga aja..dengan kakak adik

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata banyak juga ya yg memilih 'tahun baruan' di rumah... :-)

      Delete
    2. tahun depan target 100 tulisan ?
      pasti bisa deh... semangat...
      aku pernah pengen nulis tiap hari, bisa lho selama 1,5 bulan he..he...,tapi untuk tahun ini cuma kasih target 2 tulisan seminggu di 2 blog, bisa nggak ya...

      Delete
    3. iya bu, atau seminggu 2 tulisan. semoga target saya ini kesampean tanpa mengurangi mutu tulisan dan tetap orisinil.

      wah target bu monda berarti doble dari target saya dong? itu maksudnya 2 tulisan per minggu di masing2 blog, atau untuk 2 blog? semoga dengan semangat baru bisa jadi pemicu nulisnya...

      Delete
  2. tahun baruan? saya tidur mas. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tidur? kalau ditempatku keberisikan petasan yang ga berhenti bunyi sampai jam 12 malam...

      Delete
  3. Ngeblog di rumah aje.. nggak kemana²...
    dari pada nabrak pohon...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumahnya dikelilingi pohon ya? :D

      Delete
  4. tahun baru di rumah saja nih , sambil lihat kembang api di langit desa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru nih. pas mbak ely ngomong desa di jerman, kok aku jadi ingat adegan terakhir 'sky fall'. saat bond pergi ke desa kecil dan menuju rumah yg kayak kastil untuk memancing musuhnya datang :-)

      Delete
  5. sy taun baru di rumah aja.. kl kembang api skrg makin byk org yg main kembang api ya.. jd kayaknya tinggal liat ke langit udah keliatan :D

    ReplyDelete