23 September 2012

Blogwalking bisa Meningkatkan Trafik Blog Kita?

Kita tentu ingin blog kita ramai dikunjungi orang. Dari beberapa tips yang ada di internet adalah melakukan blogwalking. Yaitu semacam kegiatan berkunjung ke blog orang dan meninggalkan jejak disana berupa komentar dan tentu saja link blog kita. Harapannya adalah ada kunjungan balik dari pemilik blog atau pembaca blog lain.

Saya penasaran sekali, apakah memang betul blogwalking bisa meningkatkan trafik blog kita? Seperti biasa, saya mencari informasinya melalui mesin pencari google. Dari beberapa link yang ada, hampir semuanya seragam mengatakan kalau blogwalking bisa meningkatkan trafik.

Mencoba blogwalking
Tapi apa iya seperti itu? Sekitar 3 bulan terakhir, saya rajin blogwalking. Pertama-tama saya coba mencari tema tertentu lewat mesin pencari google. Lalu saya berkunjung ke salah satu posting blog dari hasil pencarian tadi. Setelah membaca, saya pun ikut memberi komentar. Tentu saja dengan identitas yang kalau di klik akan mengarah ke blog saya. Tidak hanya itu, saya pun terus mengunjungi blog dari yang berkomentar di blog pertama tadi dan tetap memberi komentar di salah satu postingnya.

Salah satunya, saya pernah nyasar ke blog Kisahku ketika mencari salah satu topik dari google. Saya tertarik dengan blog ini karena hampir di setiap postingnya selalu banyak komentarnya. Disamping memberikan komentar di blog Kisahku, saya pun mencoba berkunjung satu-satu ke blog komentator di blog Kisahku. Dari sini saya sudah bisa berkunjung dan berkomentar di belasan blog.

Kalau saya perhatikan di blog Kisahku, ternyata yang berkunjung dan berkomentar sudah saling kenal dan seperti sebuah komunitas tersendiri. Ini bisa kita lihat misalnya jika kita kunjungi blog salah satu komentatornya, maka akan sering kita jumpai orang-orang yang sama yang berkunjung dan berkomentar. Umumnya diantara mereka saling mengunjungi blog-blog dan saling bertegur sapa. Mungkin saya adalah pendatang baru yang ikutan berinteraksi dalam komunitas itu.

Saat ini, untuk memudahkan blogwalking akhirnya saya mengumpulkan alamat-alamat blog tadi. Lalu secara rutin saya kunjungi. Sebelumnya saya masukan dulu alamat-alamat blog tadi ke feed reader agar tahu blog yang ada update postingan nya.

Trafik dari blogwalking?
Setelah beberapa bulan mencoba blogwalking, saya mencoba membandingkan pengunjung blog ini antara yang datang dari blogwalking dan yg tersesat karena pencarian dari google. Hasilnya lumayan mengejutkan. Menurut statistik blog ini ternyata lebih dari 80% pengunjung datang dari mesin pencari google. Dan tentu saja sedikit sekali dari hasil blogwalking.

Yang saya maksud hasil blogwalking adalah klik yang berasal dari blog yang saya kunjungi, atau klik yang berasal dari IP yang saya duga dari si empunya blog. Nah dari kriteria ini jumlahnya sangat sedikit menurut catatan statistik blog saya.

Ada satu hasil blogwalking yang lumayan jumlahnya, yaitu dari blog Naked Traveller. Itu pun saya berkomentar di posting tentang pantai terbaik di pulau Jawa. Saat itu saya mengajukan pantai Papuma yang saya tulis di blog saya yang juga pantas dilirik sebagai pantai terbaik. Hasilnya masih sering muncul yang meng-klik tulisan di blog saya dari Naked Traveller.

Kalau begitu, dapat disimpulkan bahwa blogwalking tidak berpengaruh signikan terhadap trafik kunjungan ke blog saya. Terbukti menurut catatan statistik di blog saya, bahwa mayoritas pengunjung adalah dari mesin pencari google. Alias ada orang yang mencari informasi tentang topik tertentu yang diarahkan ke blog saya. Mungkin kesimpulan ini tidak berlaku untuk blog lain. Dimana justu trafiknya malah meningkat drastis akibat dari blogwalking.

Berhenti blogwalking?
Lantas, apakah dengan demikian saya tidak melakukan blogwalking lagi? Tentu saja tidak. Saya akan tetap blogwalking walau dengan motivasi yang jauh berbeda. Kalau sebelumnya saya blogwalking dengan harapan bisa mempromosikan blog saya dan berharap ada kunjungan balik. Tapi sekarang tujuan saya hanya untuk menjalin pertemanan. Jadi misalnya saya berkunjung ke blog teman dan berkomentar itu adalah karena saya memang tertarik dengan tulisannya, topik masalahnya, dst nya. Sehingga komentar saya bertujuan untuk memperkaya posting di blog itu. Atau paling minimal mengapreasi tulisannya.

Karena kalau kita lihat, tidak sedikit komentar yang hanya -maaf kalau harus saya sebut- untuk meminta kunjungan balik. Tidak ada salahnya tentu, tapi terkesan ada pamrih saja. Saya pun misalnya di blog saya ada yang komentar seperti itu kurang suka juga. Walaupun saya akan coba tetap kunjungi karena memang ingin tahu seperti apa blog nya.

Mestinya sebuah posting yang menarik tentu mengundang komentar yang banyak. Tentu saja hal ini menjadi tidak berlaku lagi jika yang komentar adalah yang hanya numpang saja. Salah satu contohnya adalah komentar yang bunyinya “kunjungan balik ya kakak...” atau yang semacam itu.

Fokus membuat posting yang menarik
Daripada bingung memikirkan blogwalking dan tidak meningkatkan trafik, akhirnya saya sekarang fokus ke posting saja. Yaitu bagaimana membuat posting yang menarik dan berguna bagi yang membaca. Apalagi kalau saya lihat statistik blog saya ini, pengunjung terbanyak adalah yang berkunjung dari mesin pencari. Karena itu saya harus memberi mereka informasi yang diperlukan untuk mereka, yang menarik dibaca dan tentu saja bermanfaat.

31 comments:

  1. trims lho blogku disebut2 ...
    memang sih traffic terbanyak dari mesin pencari, tapi komen dari teman2 biarpun lebih sedikit bisa membangkitkan semangat atau perbaikan bagi blog kita.....,
    itu juga yg bikin bertahan ngeblog

    pokoknya tetap nulis aja sesuai minat, dan ngak terlalu njelimet ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu, saya sebut blog bu monda karena awalnya emang dari blog ibu kegiatan blogwalking saya bermula. terus merembet ke blog2 lain yang jadi pengunjung tetap blog ibu.

      setuju bu, komentar memang bisa menambah semangat nge-blog :-)

      Delete
  2. tetep menulis & blogwalking juga kalo buat sy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setuju mama naima, saya jg akan tetap menulis dan blogwalking. kan inti dari tulisan saya di atas jg begitu bu :-)

      Delete
  3. buat saya.. jujur dan ikhlas... halah*
    tapi emang iya sih :p

    ReplyDelete
  4. Wah berarti bisa jalin silaturahmu antar blogger dong? wah semoga aja anda mau berkunjung jg di tulisan terbaru yg saya buat. karena real untuk berbagi informasi. Salam kenal dari Jakarta

    ReplyDelete
  5. menambah kenalan sambil beranjang sana. ini travel blog ku. silahkan dikunjungi.
    http://fokuz9.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. nice blog and nice info, kunjungi juga ya >> http://liong-seo.blogspot.com/ untuk lihat yang terbaru, seperti film, game, software dan ilmu, makasi,

    ReplyDelete
  7. berhenti blogwalking? no...no..no...no... jangan sampe deh...

    ReplyDelete
  8. tetap semangat untuk blogwalking

    ReplyDelete
  9. saya jadi bingung kalau saya koment dan mampir di blog anda nanti di sangka pamrih hehehehhe www.totoksyaraf.com

    ReplyDelete
  10. kunjungan pagi..

    http://juraganbatok.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. Waah tapi selain buat artikel menarik. Jangan lupa blogwalking dong. Kan enak selain blogging menghasilkan artikel juga tambah teman +D

    ReplyDelete
  12. ya gan,lebih bagus bikin artikel yang berbobot,ntar pengunjung datang sendiri
    agusanwar89.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. untuk semua yg sudah komentar, saya ucapkan terima kasih. dan saya sudah kunjungi satu2 blog nya. beberapa adalah blog yang lumayan bagus. tetap semangat nge-blog dan keep a good work.

    ReplyDelete
  14. http://i-n-i-l-a-h.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. saya setuju dengan membuat artikel yang baik dan berbobot, maka pengunjung blog akan datang dengan sendirinya (dibantu teknik SEO tentunya)..
    tapi blog walking pun jg bisa meningkatkan trafik, walaupun mungkin kurang signifikan.
    Buat saya blog walking perlu untuk menjalin networking dengan temen2 sesama blogger :)

    ReplyDelete
  16. Nice artikel bro.. blogwalking sebenarnya lebih ke sosial media antar sesama blogger..

    ReplyDelete
  17. blogwalking ... kunjungan balik gan

    ReplyDelete
  18. blogwalking ... kunjungan balasan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas didik kangkung, sudah dikunjungi ya blog nya. keren.

      Delete
  19. blogwalking...hehe...salam persahabatan..mampir ke blog saya yah :) makasih

    ReplyDelete
  20. salam blogwalking sobat :) mampir juga ya di blog saya.. btw,kamu user ubuntu juga ya? sama dong hehe.. saya pake PrecisePangolin

    ReplyDelete
  21. Blogwalking sore - sore .... salam kenal masbrow, ..... mudah - mudahan berpengaruh terhadap traffik

    ReplyDelete
  22. thanks info yang bermanfaat,salam kenal.kunjung balik helmypra.blogspot
    .

    ReplyDelete