11 August 2012

Aplikasi Apa Saja yang Ada di Android mu?

August 11, 2012
Gbr: logoeps.com
Sebagai ponsel pintar, android sangat gampang diisi dengan aplikasi-aplikasi yang kita inginkan. Asalkan kita punya koneksi internet, kita bisa download aplikasi dan menginstallnya, sebanyak kita mau dan sesuai kemampuan penyimpanan ponsel kita.

Prosesnya mirip seperti kalau kita menginstall program ke komputer. Kalau di komputer kita install dengan CD/DVD/perangkat simpan lain, atau dengan download dulu dari internet, lalu diinstal. Tapi kalau ponsel android menginstallnya dari satu sumber resmi untuk download yang disebut dengan google play (dulu namanya android market). Aplikasi-aplikasi yang tersedia disana ada yang berbayar, tapi tidak sedikit juga yang gratis.

Aplikasi yang tersedia di google play sangat banyak. Kita bisa mencarinya berdasarkan kategori. Setelah itu kita bisa membaca keterangan dan review dari yang pernah memakai terlebih dahulu sebelum menginstall nya. Jadinya kita bisa mendapatkan aplikasi yang bagus. Paling tidak yang paling banyak dipakai oleh pengguna android.

Disamping lewat sumber resmi (google play) kita bisa juga menginstallnya lewat sumber tidak resmi atau dari file instalasinya (apk). Tapi ini biasanya tidak disarankan. Karena disamping rentan disusupi program yang tidak aman, juga kemungkinan akan mengganggu kinerja program yang ada. Sehingga akan mengakibatkan crash (force close).

Lalu apa saja aplikasi yang diinstall di android mu? Berikut ini adalah aplikasi yang saya install dan gunakan untuk aktifitas sehari-hari:
  1. App Backup & Restore (Pembuat: Infolife LLC)
    Seperti pada namanya, aplikasi ini berguna untuk membackup aplikasi-aplikasi yang sudah diinstall dan bisa di-restore disaat mana diperlukan. Ini biasanya saya lakukan saat melakukan flash ulang ROM, dimana seluruh aplikasi dan data akan terhapus. Agar nantinya tidak perlu menginstall satu-satu aplikasi, maka dengan aplikasi ini sangat membantu. Sebelum melakukan flash ulang, atau kegiatan yang akan menghapus data dan aplikasi yang ada, aplikasi kita backup dulu. Setelah proses flash ulang selesai, install dulu aplikasi App Backup & Restore, barulah kita restore aplikasi-aplikasi yang sebelumnya terinstall. Cara menggunakannya cukup gampang.
  2. Asisten APN (Pembuat: Raysoft – Indonesia)
    Aplikasi ini dibuat oleh pengembang dari Indonesia. Karena itu di google play keterangannya juga dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini gunanya untuk men-setting APN dari operator yang akan kita gunakan. Biasanya kita memerlukan ini kalau sering gonta ganti kartu SIM, sehingga kadang harus men-setting manual APN nya. Nah aplikasi ini sangat berguna untuk itu. Kita tinggal memilih operator yang digunakan dan tersetting otomatis APN nya.
  3. Compass (Pembuat: Catch.com)
    Seperti namanya juga, aplikasi ini adalah kompas yang kita bisa gunakan untuk penunjuk arah. Seringkali kita berada di suatu tempat, tetapi kita buta arah. Dengan aplikasi ini kita bisa mendapatkan petunjuk arah seperti menggunakan kompas secara fisik. Kompas ini juga bisa digunakan untuk mengetahui arah kiblat. Walau tidak pas benar, tapi paling tidak kita bisa tahu arah barat yang sebenarnya. Jadi tinggal sedikit menggeser saja dimana arah yg tepat. Enaknya lagi dengan kompas ini kita bisa juga mengetahui posisi kordinat kita. Sehingga kita bisa memberi informasi ke teman dimana posisi kita.
  4. Ebuddy
    Mungkin anda sudah pernah memakai aplikasi ini di versi desktop (komputer), maka ini adalah versi androidnya. Gunanya adalah untuk chatting multiplatform (ym, gtalk, msn, aim, fb). Dengan memasang aplikasi ini kita bisa tetap terhubung dengan teman dengan fasilitas chatting. Tentu saja anda harus terhubung ke internet dan mempunyai salah satu account di atas.
  5. Foursquare
    Aplikasi ini adalah layanan jejaring sosial berdasarkan lokasi. Walau saya tidak terlalu aktif di jejaring ini, tapi aplikasi ini sangat berguna kalau kita ingin tahu apa saja hal yang menarik di dekat kita. Seperti tempat makan, cafe, dll, berikut review user yang telah mengunjunginya. Aplikasi ini umumnya saya gunakan hanya untuk mengetahui lokasi-lokasi tersebut. Anda harus punya koneksi internet untuk menikmati layanan ini.
  6. Go Keyboard dan Plugin Bhs Indonesia (Pembuat: Go Dev Team)
    Aplikasi ini di-klaim sebagai aplikasi keyboard terbaik dan terpopuler di google play. Saya menggunakan ini karena di custom ROM yang saya pakai tidak tersedia keyboard Swype. Swype adalah keyboard bawaan kalau kita menggunakan ROM asli dan sudah tersedia kata-kata Bahasa Indonesia. Go keyboard ini mirip dengan Swype bawaan ROM asli Samsung dan bisa support Bahasa Indonesia dengan menginstall plugin Bahasa Indonesia.
  7. Navitel (Pembuat: Center Navigation Technologies) dan Peta dari Navigasi.net
    Ini adalah aplikasi yang penting saat melakukan perjalanan, seperti halnya perangkat GPS yang banyak dipakai. Aplikasi GPS ini petanya bisa diinstall dengan peta Indonesia dari Navigasi.net. Kelebihan dari peta Navigasi.net ini adalah dibuat oleh pengembang dari Indonesia dan secara reguler tersedia updatenya. Peta nya sendiri cukup update hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Bahkan saat saya pulang kampung ke Jember, hampir semua tempat yang saya lalui dikenali oleh peta. Ini adalah aplikasi yang wajib ada di android saya. Aplikasi ini bisa didownload di google play dan trial 30 hari. Selebihnya harus membeli. Sedang untuk petanya sendiri gratis download di navigasi.net. Untuk menggunakan aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet.
  8. Notepad (Pembuat: Laoye.me)
    Seperti namanya, aplikasi ini adalah untuk membuat catatan seperti halnya notepad yang ada di komputer. Aplikasi ini biasanya saya gunakan untuk membuat catatan penting seperti nomer rekening bank, alamat-alamat penting atau catatan lainnya. Saya juga menggunakan notepad ini untuk mencatat ide-ide untuk tulisan di blog, untuk kemudian ditulis lengkap dengan komputer.
  9. Opera Mini (Pembuat: Opera Software)
    Saya yakin banyak yang tahu aplikasi ini, yaitu browser untuk browsing di internet. Kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya meng-kompress isi web sehingga menjadi lebih kecil ketimbang kalau kita menggunakan browser bawaan. Pastinya dengan aplikasi ini browsing akan lebih hemat pulsa/bandwidth dan tentu saja lebih cepat.
  10. Pdf Viewer (Pembuat: Maciej)
    Untuk membaca dokumen pdf, saya menggunakan aplikasi ini. Aplikasinya simple dan ringan. Tapi sayangnya, karena android yang saya pakai layarnya cuma 2,8 inci, jadinya harus sering scroll kiri kanan untuk membaca dokumen pdf ukuran A4. Mungkin akan lebih nyaman kalau ukuran layarnya lebih besar. Jadinya akan nyaman untuk membaca buku atau majalah dengan android kita.
  11. Sms Backup and Restore (Pembuat: Riteshsahu.com)
    Aplikasi ini berguna saat melakukan flash ulang android, dimana kalau flash ulang tentu akan menghapus data yang ada, termasuk sms. Sebelum flash dengan aplikasi ini kita bisa backup dulu, lalu setelah flash kita restore sms nya. Jadinya seluruh sms akan utuh kembali seperti sebelumnya.
  12. Sms Quick delete (Pembuat: Superdroid)
    Kalau anda ingin bersih-bersih sms, aplikasi ini cocok buat anda. Enaknya kita bisa centang dulu sms-sms mana yang mau dihapus, setelah itu baru deh dihapus. Lebih efisien ketimbang menghapus satu-satu dari aplikasi bawaan androidnya.
  13. Super Backup (Pembuat: Mobile Idea Studio)
    Ini satu lagi aplikasi untuk backup sebelum flash ulang ROM. Aplikasi ini bisa mem-backup dan restore sms, contact dan call logs. Tapi saya hanya menggunakan untuk backup contact dan call logs saja. Karena untuk backup sms nya, sering gagal saat me-restore. Untuk sms saya lebih seneng menggunakan aplikasi yang khusus yang saya sebutkan di atas. Dengan aplikasi ini contact dan call logs akan balik seperti semula setelah kita flashing ulang ROM.
  14. Tape a Talk (Pembuat: Markus Drosser)
    Anda bisa bergaya seperti wartawan dengan aplikasi ini. Gunanya adalah merekam pembicaraan seperti halnya menggunakan alat perekam suara. Saya sering menggunakan aplikasi ini untuk merekam pembicaraan dalam meeting. Jadinya kita bisa mendengarkan lagi apa yang sudah dibicarakan, lalu kita bisa membuat minutes meeting nya. Atau mungkin suatu saat saya bisa menggunakannya untuk wawancara dengan narasumber untuk blog ini. Biar bergaya seperti wartawan.
  15. Whatsapp
    Ini aplikasi yang sedang populer sekarang. Pasalnya dengan aplikasi ini bisa berkomunikasi dengan pengguna Android, Iphone, Blackberry, Windows Phone, Symbian. Syaratnya adalah harus terkoneksi dengan internet dan terinstall aplikasi ini. Kalau BBM kan hanya bisa sesama pemakai Blackberry sedang dengan Whatsapp pengguna segala jenis smartphone bisa saling berkomunikasi. Disamping berbagi pesan, dengan Whatsapp kita juga bisa berkirim gambar atau video. Saya pernah membandingkan mengirim gambar via mms dan via Whatsapp. Hasilnya dengan mms gambar tidak terkirim dan failed, sedang dengan Whatsapp bisa terkirim hanya dalam beberapa detik saja.
    Aplikasi ini tersedia di google play gratis untuk tahun pertama dan berbayar USD 0.9 untuk tahun berikutnya.
Seluruh aplikasi di atas bisa diunduh di google play (android market). Sebagian besar gratis dan ada iklan di aplikasinya. Tapi ada beberapa yang berbayar setelah jangka waktu tertentu.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi aplikasi yang ingin saya install, tetapi karena keterbatasan memori internal ponsel android saya, maka tidak jadi diinstall. Nanti kalau sudah punya perangkat yang mumpuni akan diinstallnya. Sementara cukup yang memang diperlukan saja. Sambil berangan segera punya ponsel android dg layar 4 inci dan kamera 5 mp autofocus.

Lalu, aplikasi apa saja yang sudah diinstall di android mu?
logoblog

15 comments:

  1. kl di galaxy tab yg 10 inch whatssapp gak bs.. pdhl asik juga kl sy punya whatssapp di tab sy ya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibunya nai, saya ga pakai galaxy tab, jadi ga tau secara langsung bisa atau nggak nya. tapi tadi saya coba searching ke google, memang banyak pemakai galaxy tab yang tidak bisa menginstall atau menggunakan whatsapp. hingga akhirnya saya menemukan cara ini di klinik tongfang he he heh eh.... becanda ya bu... dan katanya berhasil.
      caranya begini:
      - install whatsapp dari situsnya langsung (www.whatsapp.com), jangan melalui google play
      - kalau whatsapp ga mengenali contact, coba contact nya disimpan di kartu sim.
      informasi di atas saya dapatkan dari link ini:
      http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1097293&page=3

      Delete
  2. Replies
    1. wah kalah sama ibunya nai... :-) bukannya di jerman murah2 dan koneksinya kenceng2? enak tuh android-an kalau koneksi internetnya kenceng.

      Delete
  3. Aplikasinya keren2 ya. Sip buat referensi yg punya Android. Kalo saya nanti deh he2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah kang darin, jangan2 sekarang ga pakai android, tapi malah pakai i-phone ya... :-) suka merendah nih... wkwkwkw

      Delete
  4. wah hape saya gak pakai Android kang hehe

    ReplyDelete
  5. Bang,aplikasi2 yg d install dr google play tuh tersimpan dimana ya?kok abz aq uninstall,memory yg tadiny kepake bwt tuh aplikasi kgak balik.
    (Ceritanya mw tak hpus nih,bang)
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mr ray o' bannon, yakin tuh uninstall tapi ga balik memory yg tadi kepake? barusan saya coba uninstall di android saya, otomatis space yg tadi dipakai langsung balik lagi. coba cek lagi deh, apakah proses uninstall nya telah selesai dengan sempurna.

      tentang lokasi penyimpanan aplikasi, biasanya aplikasi dan datanya lokasinya berbeda. untuk apk lokasinya di "/data/app". anda harus punya akses root untuk masuk ke lokasi ini, termasuk juga untuk menghapusnya secara manual. untuk datanya biasanya bisa kita akses secara langsung di sdcard. biasanya menghapus file apk (aplikasi) secara langsung, tidak disarankan untuk pemakai umum.

      emang pakai android merk dan type apa?

      Delete
  6. Keren banget android, banyak aplikasi yang dapat diinstall.

    ReplyDelete
  7. wah berguna banget infonya di blog ini thanks ya

    ReplyDelete
  8. hallo kita juga punya jurnal nih tentang aplikasi android , cek ini ya :)http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah download. keren juga paper nya :-)

      Delete
  9. Mksh bnyk gan infoy cz b'manfaat bgt apa lg bwt sya yg pmula ...!!!
    mju trus gan ..

    ReplyDelete