25 May 2012

Menulis Blog secara Kreatif (resensi buku)

May 25, 2012
Judul buku : Creative Blog Writing (Rahasia Seni Menulis Blog Lebih Kreatif)
Penulis : Ollie
Penerbit : Media Kita
Terbit : I, Maret 2012
Halaman : vi + 110
Harga : Rp 24.000

Di toko buku banyak sekali buku-buku tentang penulisan blog. Tapi selama ini buku tersebut jarang saya beli. Saya lebih memilih lihat-lihat aja dan membaca di sampul depan atau belakang. Atau kalau lagi beruntung ada contoh buku yang bisa dibaca, bisa melihat daftar isi dan membaca bagian-bagian yang menarik. Jadi bisa memutuskan perlu dibeli atau tidak buku tersebut.



Tapi ada buku yang membuat saya akhirnya membelinya. Judulnya “Creative Blog Writing (Rahasia Seni Menulis Blog Lebih Kreatif)”. Warna dan desain sampulnya membuat saya menarik melihatnya. Penulisnya pun sepertinya saya pernah tahu. Dan saat membaca sampul belakangnya membuat makin penasaran seperti apa isinya. Sayangnya tidak ada contoh buku yang terbuka. Semuanya masih tersegel sehingga tidak bisa mengintip seperti apa isinya.

Apa yang membuat saya tertarik membeli buku ini? Pertama desain bukunya yang segar dan menarik. Juga penulisnya yang sepertinya familiar pernah baca dan mengikuti tulisannya di milis blogbugs. Isinya pun sepertinya juga menarik untuk diikuti. Dan yang lebih penting lagi harganya yang murah. Kalau di Gramedia dibandrol Rp 24.000.

Buku dibuka dengan pembahasan ngeblog bisa membawa ke kesuksesan. Ollie menggambarkan yang dialaminya sendiri. Misalnya ia sering menerima gadget secara gratis untuk dicoba dan minta direview di blog nya. Atau ada tawaran untuk jalan-jalan untuk mereview suatu tempat atau layanan. Dan bahkan juga membuka kesampatan menjadi pengusaha yang berawal dari nge-blog. Dan tambahan aja, buat yang narsis membuat nge-blog menjadi eksis.

Lalu dibahas juga jenis-jenis blogger. Dari sini anda bisa memilih menjadi blogger seleb atau blogger ahli atau travel writer. Ini tentu bisa kita sesuaikan dengan minat dan passion kita.

Dan barangkali ini yang paling penting dalam menulis blog secara kreatif, pembahasan tentang elemen-elemen blog, mencari ide dan tema tulisan, mengatur waktu kapan menulis dan bagaimana mempromosikan blog kita. Ini diulas dengan lumayan lengkap, simpel dan bahasa yang mudah dicerna.

Buku ini cocok dibaca untuk yang ingin mencoba nge-blog. Isinya bisa memotivasi untuk nge-blog dan memberi dasar-dasar menulis blog. Untuk yang sudah biasa nge-blog dan bahkan problogger pun buku ini bisa memberi inspirasi tentang dunia per-blog-an.

Kesan terakhir saya buku ini berbeda dengan buku-buku panduan tentang nge-blog yang beredar. Anda tidak percaya, coba beli dan baca.
logoblog

1 comment:

  1. Good Job, webiste dan infonya sangat menarik. Aku juga mau berbagi informasi tentang Kamus Bahasa Indonesia yang berkualitas dan berlegalitas.

    ReplyDelete