03 March 2011

Error saat Update Ubuntu Maverick. “Requires installation of untrusted packages”

Saya selalu melakukan update Ubuntu saya dengan update terbaru dari pengembang Ubuntu. Biasanya updatenya lumayan aktif. Tidak kurang dari sebulan biasanya ada saja update. Tentu update yang kecil kecil saja ukurannya. Tapi kadang juga ada yang gede ukuran file nya. Misalnya kalau ada update tentang kernel terbaru. Itu biasanya bisa puluhan megabyte ukurannya. Kalau cuma security update biasanya tidak terlalu besar.

Proses update dalam modus GUI bisa diakses lewat menu system > administration > update manager. Lalu lakukan cek source sebentar. Biasanya kalau ada update terbaru akan muncul list file-filenya berikut total ukuran updatenya. Kalau sedang ada tinggal klik aja install dan setelah dimasukkan pasword, karena ia memerlukan akses admin, maka jalan lah proses update. Atau bisa juga dengan CLI yang nanti akan dijelaskan.

Tapi saat update kemarin ada terjadi keanehan. Di tengah-tengah proses update ada semacam error dan tidak bisa melanjutkan proses upgrade. Dalam pesan error nya tertulis begini “Requires installation of untrusted packages” tapi tidak ada opsi apa-apa dalam kotak dialognya. Hanya tombol close saja. Jadi tidak ada pilihan kalau mau melanjutkan sesuai dengan pesan error yang diterima.Gambarnya seperti di bawah ini

Penyebab dari error tersebut adalah adanya update paket LibreOffice yang saya pasang dari PPA. Karena secara resmi di Ubuntu Maverick masih menggunakan Openoffice.org, jadi dalam repository resmi Ubuntu secara default tidak tersedia. Karena aku kebelet ingin mencoba LibreOffice jadilah diganti Openoffice.org dengan LibreOffice. Karena updatenya bukan berasal dari main server Ubuntu maka muncul pesan error seperti di atas. Karena selain dari repository resmi maka dianggap sebagai untrusted packages. Walau LibreOffice ini di host di PPA Launchpad yang juga punyanya Canonical, yang mengembangkan Ubuntu.

Berbekal pesan error tinggal mencari di Google. Dan beberapa detik kemudian sudah ada jawaban. Ternyata penyelesainya sederhana sekali. Tidak banyak langkah, yang ntinya adalah lakukan update dengan menggunakan CLI. Perintahnya adalah seperti ini:
sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

Berikan konfirmasi kalau ada pertanyaan dan tinggal tunggu saja. Setelah proses download selesai maka secara otomatis akan melakukan update. Kalau tidak ada masalah lagi tinggal menunggu sampai proses update selesai.


Referensi: http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1610171
GUI = Graphical User Interface
CLI = Command Line Interface

2 comments:

  1. mas, knp detail problemnya tidak ditampilkan??
    kan ada tulisan "Details". saya rasa dengan melihat detail tersebut kita bisa lebih mengerti apa yang menyebabkan proses update itu tertahan.

    ReplyDelete
  2. ya saya lupa tidak menampilkan detailnya. tapi kalau tidak salah ingat, isinya kurang lebih sama dengan yang di atas itu. dan walau tidak menggunakan detail, dengan informasi error di atas bisa dengan mudah dicari penyelesaiannya. tentu saja lewat perantaraan paman google. btw, terima kasih sudah mampir dan berkomentar.

    ReplyDelete