Ganti Kulit Blog

Setelah sekian lama vakum menulis di blog, kini saya muncul lagi. Bukan hanya muncul dengan tulisan baru, tapi juga wajah baru. Ya blog ini sedang saya ganti kulit nya, saya dandani template nya seperti yang sekarang anda lihat.

Sebelumnya, template terasa kaku. Kurang enak dilihat, dan kurang fungsional. Di sana sini banyak masalah tampilan. Tipografi nya pun kurang nyaman untuk yang membacanya. Dan yang paling parah, setelah di cek di google webmaster tool, banyak error di structured data nya. Dengan banyaknya kendala itu, dan kesulitan untuk memperbaiki, malah jadi malas untuk menyentuh blog. Untung saja banyak pengunjung organik yang berasal dari mesin pencari yang masuk ke blog ini. Lumayan sekitar 80-100 an pengunjung per hari (semoga bukan pengunjung yang kesasar), yang masih membuat saya semangat untuk nengok blog ini lagi.

tampilan template baru
Tampilan template baru

Penyulut

Walau saya tidak menyentuh blog ini sesekali saya masih blogwalking. Saat itu saya tertarik untuk membaca blog seorang peserta kegiatan Pelatihan Coding Mom di Jogja. Di liputan nya yang menarik adalah semangat ibu-ibu peserta yang mempelajari coding, khususnya soal dasar-dasar html. Sampai ada foto-foto dimana ibu-ibu yang menggendong anaknya sedang memprsentasikan hasil karyanya. Dan beberapa ibu yang sambil menggendong bayinya sedang tekun otak-atik kode di laptop nya.

Jederrrr... seperti tersambar petir rasanya. Semangat untuk kotak-katik dan juga nulis langsung tersulut gegara tulisan itu dan foto-foto di blog tadi. Masa saya yang punya kesempatan lebih leluasa ketimbang ibu-ibu tadi bisa kalah semangat.

Mulai lah saya mengotak atik lagi template yang berantakan ini. Coba di-cek lagi, dibetulkan dan ternyata buntu. Akhirnya dirombak total dan bikin dari nol lagi yang ternyata malah lebih enak, ketimbang mengotak atik template yang tadi sudah kacau.

Setelah dicicil, sedikit demi sedikit, dalam waktu sebulan akhirnya jadilah template ini. Dan sekarang terpasang di blog ini.

Kenapa sebulan? Ya lama sekali. Karena memang saya bukan seorang yang jago coder. Bukan juga jago desain. Semua saya lakukan dengan modal nekad. Istilah jawa nya learning by doing. So, waktu sebulan itu sebagian besar habis untuk mempelajari, ketimbang memulai menuliskannya di kode. Belajar banyak hal. Mulai dari mencari script yang cocok, dipelajari dan dipraktekkan. Termasuk hal lain seperti desain, tipografi, tag standar html, tag standar blogger, dll. Hampir sepertiga waktunya habis untuk mempelajari bahan-bahan untuk template ini.

Tentang template

Konsep template masih mengusung gaya yang simple dan clean, 2 kolom dan responsif. Responsif ini emang kudu wajib, karena dari tracking, yang ada pengunjung blog ini sekitar 65% mengakses menggunakan perangkat mobile (tablet dan smartphone). Kalau tidak responsif nanti blog ini akan sulit dibaca di perangkat tersebut.

Biar agak kekinian, tampilan depan dibuat dengan gaya grid, agar enak dilihat dan tetap mudah dilihat posting nya. Tipografi pun sudah diperbaiki dengan font yang lebih enak dibaca dan ukuran yang sedang. Juga sudah diset mendukung antialiasing yang membuat huruf jadi lebih halus apalagi di layar perangkat yang bagus. Harapannya adalah kenyamanan untuk yang membaca blog ini. Semoga.

Buat saya sendiri, template ini adalah semacam framework. Jadi sewaktu-waktu nanti akan rubah tampilan, dll tidak perlu lagi membongkar total. Tinggal bagian tertentu saja.

Menurut anda, gimana pendapat tentang template baru ini? Silakan dikomentari di bagian komentar di bawah ya.

8 comments

  1. welcome back Kamal, yuk isi lagi blognya lebih sering
    templatenya bagus dan simpel, tampilan ini memang nyaman di mata

    ada usul, untuk identitas di kolom komentar pakai yang Name/url dong, lebih nyaman untuk pemakai wordpress he.. he.., lagian kalau diklik kan bisa langsung ke alamat blognya pengunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bu mon. terima kasih komen nya. dan saya akan coba improve terus biar nyaman buat yang baca. walau ini blog gratisan, tapi ternyata masih bisa diotak atik biar maksimal :-)

      usulnya langsung diterima bu mon. kemarin saya bikin yang bisa komen cuma yang punya akun google, karena banyak yang nyepam. tapi sekarang saya coba balikin lagi :-)

      Delete
  2. Kunjungan perdana :) Belum pernah lihat tampilan sebelumnya, jadi komen yang sekarang aja, tampilannya bersih & cantik. Jalan-jalan dulu ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh jadi tersanjung dikunjungi dan dikomentari oleh mbak bayik. seorang penulis yg kunikmati tulisannya sejak belasan tahun lalu di komunitas ntuh yang antik. sayang ya komunitas itu sudah senyap.

      btw, salam kenal jg. terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar :-)

      Delete
  3. Waaah asik ngeblog lagi. Bagus kok templatenya. Mungkin krn aku suka yg clean juga. Kalau aku termasuk sering ganti template. Kalau mood lagi down, biasanya aku ganti template wkwkwkkw.... Tapi aku nggak bisa bikin dr mentahan, cuma upload template gratisan lalu aku customized sendiri huruf, warna & tata letaknya sesuai keinginanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti jago jg ya otak-atik walau tata letak dan font nya. kadang susah juga lho atur tata letak sesuai yg kita mau, tapi yang enak dilihat.
      o ya, makasih kunjungann baliknya dari mbak yang jago DIY :-)

      Delete
  4. Kunjungan perdana nie bang, salam kenal balik dari saya.. Template yang lama saya gak tahu, untuk yang ini cukup bagus menurut saya, loadingnya juga ringan, enek dikunjungi pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungan nya. soal template, saya memang senang template yang simple. ini juga masih saya kotak katik lagi karena masih ada yang belum pas.
      blog kang maman keren juga. dah sering ikut lomba dan dapat job tulisa ya? selamat

      Delete

Post a Comment