16 April 2015

Mengendalikan Penggunaan Data di Ponsel Android

Anda berlangganan paket data di ponsel android anda. Lalu suatu ketika anda kaget kuota data anda tiba-tba habis. Padahal masa berlakunya masih lama. Parahnya lagi tanpa disadari pemakaian datanya memakan pulsa utama. Tentu anda akan merasa kesal.

Saya pernah mengalami hal ini. Dan kalau anda pernah mengalami juga, anda perlu memonitor pemakaian paket data anda. Anda perlu tahu berapa pemakaian data per hari, minggu, bulan. Hingga akhirnya kita tahu berapa rata-rata pemakaian per bulan. Berdasarkan ini kita bisa memutuskan untuk meng-upgrade langganan paket data, atau membatasi pemakaianya. Yang penting kita tahu penggunaan data internet kita.

Untuk melakukannya tentu tidak dengan cara manual. Ada banyak aplikasi yang bisa kita unduh, baik yang gratisan atau yang berbayar. Anda tinggal masuk ke Google Play Store dan cari aplikasi dengan mengetikan kata kunci "data counter". Nanti akan muncul banyak aplikasi untuk memonitor data. Silakan dicoba dan sesuaikan dengan selera.

Data counter widget
Data counter widget

Atau kalau anda ingin aplikasi yang simple dan ringan, bisa mencoba aplikasi yang saat ini terpasang di ponsel android saya. Namanya Data Counter Widget yang dibuat oleh Roy Solberg. Saya memakai ini karena ukuran filenya yang kecil, sekitar 640 kb, sehingga tidak membebani android saya yang kelas low end. Tapi report penggunaan data yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang saya inginkan. Hasil statistik datanya bisa kita lihat per harian, mingguan, atau bulanan. Hasilnya juga bisa memisahkan pemakaian untuk cell (dari ponsel) dan dari wifi.

Report Data counter widget
Contoh report Data counter widget

Anda bisa juga menggunakan aplikasi lain yang sejenis sesuai selera. Yang paling penting adalah data yang dihasilkan oleh aplikasi ini bisa kita gunakan untuk memonitor dan mengendalikan penggunaan paket data anda. Agar anda tidak kaget saat tiba-tiba paket data anda habis.

Tentu saja aplikasi ini hanya berguna untuk yang berlangganan paket data berdasarkan kuota. Untuk yang berlangganan unlimited sih tidak terlalu perlu. Kecuali hanya untuk memonitor pemakaian saja.

Satu lagi, aplikasi ini tidak berguna buat yang paket datanya, ditanggung oleh pasangannya atau perusahaan. Kalau ada pemakaian lebih, tinggal minta lagi.

5 comments:

  1. Replies
    1. ngalamin nya bagian yang mana mbak myra? yg paragraf pertama atau paragraf terakhir? :-)

      Delete
  2. Iya, iya, dua bulan yang lalu ngalami paket internet tiba-tiba habis. Padahal, pakainya aja jarang-jarang.
    Sip deh, infonya berguna banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. ini jg karena pengalaman pribadi tiba2 kuota internet habis. dengan rutin mengecek jatah kuota paket data, bisa meminimalisasi kejadian ini terulang lagi

      Delete
  3. ia paling sebel banget kalau kuota tiba-tiba habis. Sebel dech

    ReplyDelete