01 January 2014

Tahun Baru 2014 dan Resolusi Menulis

January 01, 2014
Sebelumnya saya mengucapkan selamat tahun baru 2014 kepada semua pembaca blog ini. Semoga kita mendapatkan segala hal yg lebih baik dibanding tahun lalu.

Jadi teringat tahun lalu saya punya resolusi tentang menulis di blog ini. Salah satunya ingin meningkatkan menjadi 100 tulisan per tahun. Sementara sebelumnya sekitar 40an tulisan saja. Tapi apa yg terjadi? Ternyata saya hanya menulis 3 tulisan! Blog pun seperti tak terurus dan berpenghuni. Padahal pengunjung rutin masih sekitar 100-an per hari. Banyak juga komentar dan pertanyaan yang masuk.

Yang saya lakukan pun hanya membalas beberapa komentar dan pertanyaan yang saya anggap perlu dibalas. Mungkin si penanya menunggu respon saya. Ini hal yang tidak pernah saya lakukan, dulu setiap ada komentar atau pertanyaan selalu saya balas. Walau cuma sekedar komentar singkat.

Kalau ditanya kenapa bisa seperti itu? Mungkin saya akan menjawab dan beralasan karena kesibukan, jadi tidak punya waktu yang pas untuk menulis. Alasan yang klise tentunya. Padahal banyak orang yang lebih sibuk dari saya, bahkan super sibuk, tapi masih bisa menyempatkan diri untuk menulis di blog nya.

Sebenarnya yang menjadi pokok masalah ada motivasi dan kemauan menulis. Memang sih ada kondisi dan kegiatan yang mengakibatkan menurunnya motivasi dan kemauan menulis. Tapi mestinya saya tidak terlalu larut sampai benar-benar tidak menulis. Seperti sering disebut di buku-buku panduan menulis, semakin sering mencoba makan akan makin tumbuh motivasi dan kemauan menulis. Nah ini saya malah sebaliknya menghindari untuk mencoba. Jadinya motivasi lama-lama menjadi berkurang.

Maka untuk tahun baru 2014 ini saya tidak membuat resolusi tentang menulis yang muluk-muluk. Cukup hanya ingin meningkatkan kemauan menulis dan mempertahankannya. Untuk hasilnya biar mengikuti saja. Kalau prosesnya lancar, maka hasilnya akan baik.

Bagaimana dengan resolusi anda? Apa tercapai semua? Kalau pun belum semoga di tahun ini bisa menjadi momentum untuk memperbaikinya.
logoblog
logoblog

3 comments:

  1. santai aja, om
    ngeblog bukan kewajiban kok. aku aja nulis senyampenya
    bisa rada rutin soalnya hiburan satu satunya ya ngeblog doang
    *maklum orang hutan...

    ReplyDelete
  2. nulis itu semakin rutin semakin jadi kebiasaan kok. nggak usah dipaksain lama-lama enjoy sendiri.

    ReplyDelete
  3. saya gak pernah bikin resolusi2an, Mas. Abis seringkali kalo ditarget ini-itu malah gak nyampe :D

    ReplyDelete