Oleh-oleh Khas Jember

Mencari oleh-oleh khas suatu daerah itu gampang-gampang susah. Kalau kita berada di daerah wisata yang terkenal, atau di kota-kota besar, tentu akan mudah mencari oleh-oleh serta banyak pilihan. Tapi kalau di kota kecil, apalagi tidak terkenal akan lebih susah mencarinya dan tidak banyak pilihan.

Contohnya di kota Jember. Mungkin hanya satu oleh-oleh yang terkenal dan khas dari sini. Yaitu Suwar-suwir. Sejenis makanan yang dibuat dari bahan dasar tape. Makanannya berbentuk potongan kecil-kecil, dengan aneka rasa. Biasanya ada rasa coklat, sirsak dan juga rasa kombinasi.

Sewaktu awal-awal menetap di Jakarta, dan sering membawakan oleh-oleh dari kampung buat teman, saya bahkan tidak tahu Suwar-suwir. Di desa tempat saya tinggal pun juga tidak terlalu mengenal suwar-suwir. Mungkin hanya di kotanya di Jember yang orang banyak mengenalnya.

Maka, dulu saat mencari oleh-oleh pun harus pergi ke pusat kota untuk membelinya. Tempat yang berjualan pun tidak banyak. Seingat saya dulu adanya di Pasar Tanjung dan di dekat Terminal Bis Tawang Alun.

Tapi dengan berkembangnya kota Jember, sekarang mencari oleh-oleh sudah semakin gampang. Kalau dulu di Jl. Gajah Mada hanya ada satu toko yang menjual oleh-oleh, sekarang sudah berderet banyak. Jenis oleh-oleh yang dijual pun juga semakin banyak. Mungkin di sudut-sudut kota dan di Jalan lain juga banyak, tapi saya mencari di Jl. Gajah Mada ini karena praktis saja searah jalan pulang kalau habis dari jalan-jalan di kotanya.

Selain Suwar-suwir sekarang ada oleh-oleh makanan yang juga banyak diminati. Namanya Prol Tape. Dari namanya saja bisa kita tebak kalau makanan ini dibuat dari tape juga. Terakhir saat mencari-cari oleh di Jember, banyak ditawari makanan ini. Tapi saya belum tahu kalau ternyata belakangan makanan ini juga terkenal dan banyak diminati.

Tidak hanya berupa makanan, dan tidak ketinggalan dengan daerah lain, di Jember juga ada oleh-oleh berupa kaos dengan desain dan tulisan yang unik. Diantaranya seperti yang dibuat oleh sekumpulan anak muda yang yang menamakan dirinya Jember Banget.

Nah, sekarang apa oleh-oleh khas dari daerah anda?


Tulisan ini adalah rangkaian tulisan tentang liburan akhir Oktober 2012

9 comments

  1. Wah .. jadi penasaran nih dgn rasa suwar suwir sama prol tape

    kalau dr kampungku yg terkenal ya jenangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenang, hampir di setiap daerah punya ya. walau ada ke khasan di masing2 daerah. mbak ely, di tempat sampeyan jenang kudus kan? :-)

      kalau pengen suwar-suwir dan prol tape, berarti anda harus berkunjung ke jember kalau nanti pulang kampung ke indonesia... :-)

      Delete
    2. iya bener jenang Kudus

      tentu dong, hrs nunggu nih sampai bisa ke sana lagi

      Delete
    3. jenang kudus pernah aku jumpai di jkt. tapi lupa dimana. yg jelas kalau lagi pengen, bisa juga hunting di jkt...

      satu lagi yang aku suka dan khas kudus adalah kalendernya yang terbitan 'menara'. bener2 khas jawa dan islam. pengen punya lagi dan mengingatkan masa kecil di kampung

      Delete
  2. kl sy mala bingung. Bekasi itu kasnya apa ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bu myra aka mama kekenaima, selama saya di bekasi dari awal tahun 90-an, saya juga ga tahu oleh-oleh khas bekasi. yang saya tahu adalah buah kecapi dan makanan gabus pucung... :-)

      belakangan, ada yang mulai memperkenalkan oleh-oleh khas bekasi. tapi saya sendiri belum pernah mencobanya.

      Delete
  3. waduh
    aku belum pernah nyampe jember
    lewat selatan mentok lumajang
    kapan nyampe sana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dah tinggal dikit lagi kalau dah sampe lumajang. ga sampe satu jam dari lumajang - jember kalau lewat tanggul. jalannya mulus banget. kalau lewat jalur selatan ya wassalam :-)

      Delete
  4. tempat ane namanya soak ngalam alias kaos malang hehehehhe.....

    ReplyDelete

Post a Comment