Seputar Flash Ulang Android

Android
(gbr: mashable.com)
Beberapa bulan terakhir saya perhatikan banyak yang masuk ke blog ini dan mencari info seputar flash ulang android. Akibatnya beberapa tulisan saya tentang android menjadi yang paling banyak dibaca beberapa bulan terakhir. Padahal tulisan saya tadi sekedar pengalaman seputar memelihara android “low end” jadul dan bukan petunjuk teknis tentang android.

Karena itu saya buat beberapa catatan seputar flash ulang android. Tentu ada beberapa alasan kenapa perlu melakukan flash ulang. Diantaranya adalah karena sering mati, sering hang, atau hal lain karena sistem nya sudah tidak bekerja optimal. Berikut ini adalah catatan saya:

  1. Kalau hp android anda masih dalam masa garansi, bawa saja ke service center. Alamat service center biasanya tertera dalam kotak saat membeli. Atau bisa juga ditanyakan saat membelinya. Biasanya flash ulang ROM (seperti operating system kalau di komputer) dalam masa garansi adalah gratis. Tinggal bersabar antri saja karena kadang-kadang di service center banyak pengunjungnya. Tentu saja jangan lupa mem-backup dulu contact, sms, aplikasi-aplikasi penting agar setelah di flash isi hp masih seperti semula.
  2. Kalau hp android anda sudah tidak bergaransi, ada 3 alternatif membereskannya.
    • Pertama tetap ke service center untuk flash ROM resminya. Tentu akan kena biaya service. Untuk Samsung saya dulu, kena Rp 75.000. Untuk Sony Ericsson x10mp istri saya, kena biaya Rp 100.000. Untuk merk lain saya belum tahu, kemungkinan sekitar itu biayanya.
    • Yang kedua, ke pusat service handphone yang banyak bertebaran di mall. Saya pernah mencobanya di pusat service hp di Mega Bekasi Hypermall. Tapi harus mencari dulu yang benar-benar bisa melakukan flash android. Waktu x10 mini pro punya istri ngadat lagi, karena dekat dari rumah, dibawa untuk mencoba flash disana. Hasilnya hp di-flash dengan ROM original terbaru dengan biaya Rp 100.000. Untuk biaya sebaiknya lakukan tawar menawar dulu. Setelah disepakati baru dikerjakan. Untuk hp istri saat ini masih baik-baik saja.
    • Alternatif terakhir adalah flash sendiri ROM nya. Ini gampang-gampang susah. Gampangnya adalah tinggal baca-baca petunjuk dan ikuti caranya dengan runut dan detail. Susahnya adalah banyak juga yang tidak berhasil karena kurang teliti mengikuti petunjuknya. Pengalaman saya dengan android yg saya pakai sekarang, Samsung Galaxy 5, syukurnya lancar-lancar saja saat dilakukan flash ulang sendiri. Yang sudah saya pernah coba adalah flash ROM original dan custom ROM dengan menggunakan ODIN. Yang terakhir saya coba adalah flash custom ROM Cyanogenmod 7 (gingerbread), dengan menggunakan recovery. Enaknya install dengan recovery adalah cepat dan mudah dibanding via ODIN dan kita akan mudah berganti-ganti versi ROM CM7 dengan cepat. Saat ini saya menggunakan CM7 versi terakhir Juli 2012.
  3. Bergabung dengan komunitas pengguna android. Diantara yang saya ikuti adalah milis id-android dan komunitas pengguna android di Kaskus. Dari situ saya banyak mendapat informasi, pengetahuan, tips dan triks seputar android, sehingga saya bisa melakukan flash ulang sendiri. Yang lebih penting lagi adalah bisa berinteraksi dan bertanya jika masih ada hal yang kita kurang paham. Itulah enak bergabung dengan komunitas atau bahasa kerennya the power of community.
  4. Carilah merk handphone dan jenis yang banyak pemakainya. Ini akan mempermudah kalau nanti perlu bantuan saat ada masalah. Jangan hanya karena harga murah saja, tapi saat bermasalah kita kesulitan untuk memperbaikinya.
Itulah catatan seputar flash ulang android. Catatan ini berdasar pengalaman saya memakai hp android low end, Samsung Galaxy 5. Kalau melihat berita yang beredar, rasanya android saya ini sudah jadul. Ingin rasanya punya android terkini yang harganya sekarang sudah makin terjangkau. Kandidat yang sudah diincar adalah dari Samsung, HTC dan Motorolla. Siapa tahu ada yang berbaik hati meminjamkan unit tersebut untuk dicoba dan saya ulas disini hasilnya.

13 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mhon blz di email utk masukannya ya gan, syg bgt klo hp saya di jual krn msuk catatan rawan n gk ilegal krn brg BM

    ReplyDelete
  4. kaskus emg mantap heheheheheh... betul gan

    ReplyDelete
  5. Mo tanya mas kamal, seminggu yang lalu hp android saya kecemplung di bak air. Setelah saya bawa ke service centre samsung, hp trsebut kemudian diganti jack konektor batterynya (untung tidak kena lcd nya). Tetapi setelah selesai di perbaiki ternyata timbul masalah baru yaitu sering munculnya program voice command dan program cuaca secara tiba-tiba (saya sdh me nonaktivkan menu2 yg trdapat diprogram tsb tetapi tetap muncul kembali). kira2 apa yang terjadi dengan hp android saya ya mas??..
    Oh ya, hp saya adalah samsung galaxy s2 dan rom nya adalah ICS versi 4.0.3.
    Terimakasih sebelumnya mas Kamal :).

    ReplyDelete
  6. ini gan.. ane punya htc desire vc..
    silahkan agan flash ulang..

    ReplyDelete
  7. terimakasih bang untuk informasinya :)
    mau nanya, kenapa ya hp android saya?
    tiba-tiba merestart sendiri saat menghapus aplikasi line, udah gitu hp nyala tapi malah jadi ngeblank hitam?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. hp q evercross a75g baru saya kena virus gak bisa login apa di flas aja ya

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum mas. Ada link firmware sama flastool nya kah?

    ReplyDelete
  11. Kalau memprogram hp asus biayanya berapaan ya?

    ReplyDelete

Post a Comment