27 July 2012

Indahnya Jembatan Suramadu (foto)

July 27, 2012
Suramadu (foto: pribadi)
Jembatan Suramadu disamping berfungsi mempercepat perjalanan dari Surabaya ke Madura, juga menjadi pemandangan yang enak dilihat.

Kalau dulu mau menyeberang dari Ujung (Surabaya) ke Kamal (Madura) memakan waktu sekitar 40 menit. Itu belum termasuk waktu muat dan menunggu kapal jalan. Bahkan kalau cuaca lagi kurang bagus, atau pada musim ramai (hari raya) total waktu yang diperlukan bisa sampai 2 jam. Sekarang dengan jembatan Suramadu dari sisi Surabaya ke Madura bisa ditempuh tidak lebih dari 15 menit. Bahkan, kalau mau ngebut pakai mobil bisa lebih cepet lagi.

Disamping cepat, kita dihadiahi juga pemandangan yang enak dilihat. Kalau siang hari jembatan ini indah dengan bentangan besinya yang berwarna orange, dan suasana laut di kiri kanannya. Belum lagi di titik tertinggi jembatan, ini adalah tempat yang paling menarik. Makanya banyak pengendara mobil yang berhenti untuk melihat-lihat dan berfoto. Padahal jembatan ini termasuk jalan tol yang tidak boleh berhenti sembarangan. Tapi tetap saja banyak yang melanggar.

Kalau malam akan lebih indah lagi. Tiang-tiang penyangga dan besinya disinari lampu tembak berwarna warni dari arah bawah. Sayangnya kamera yang saya gunakan hanya kamera pocket biasa yang kurang memadai untuk mengambil gambar di malam hari. Kalau pakai DSLR pasti lebih bagus hasilnya.

Sebenarnya pengen juga mengambil gambar jembatan Suramadu dari arah laut, baik dari kiri atau kanan. Tapi bagaimana caranya ya?

Hampir di tengah jembatan (foto: pribadi)

Mau berhenti dan foto-foto? (foto: pribadi)

Kabel orange (foto: pribadi)

Suramadu cuaca berawan (foto: pribadi)

Suramadu cerah berawan (foto: pribadi)

Suramadu di malam hari (foto: pribadi)


Foto-foto di atas diambil dengan kamera pocket low end (Fujifilm Finepix JV250 dan Canon PS A580). Foto-foto tidak di-retouch dan hanya di-crop untuk keperluan komposisi dengan menggunakan GIMP
logoblog

20 comments:

  1. foto yg berjudul kabel orange itu yg paling kusuka,
    berarti untuk ambil foto ini Kamal ikutan berhenti juga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya yg paling suka foto yg berjudul "hampir di tengah jembatan". soalnya kabel2nya itu terkesan dari segala arah menyatu ke arah tiang jembatan.

      saya ga berhenti bu, tapi mengurangi kecepatan hingga 60 km/jam. istri yang ngambil foto dari dalam mobil, sementara saya yang nyetir sambil mengarahkan. untunglah ngambilnya bagus, jadi tinggal atur komposisi aja.

      Delete
  2. Saya pengen deh, suatu saat sampai di jembatan ini dan menyeberang ke Madura..Pengen ngerasain gimana melihat lau dari jembatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh bu. kalau bisa coba di waktu malam. kayaknya bakal keren kalau difoto2 pakai dslr.
      kalau saya kebalikannya, pengen ngerasain lihat jembatan dari laut... :D

      Delete
  3. foto-fotonya sangat mengagumkan..its amazing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sampe taraf mengagumkan kok. tapi emang lumayan bagus. thanks komentarnya bro

      Delete
  4. kyk apa ya rasanya menyebrang lautan lwt jembatan *blm pernah nih sy..

    tp keren fotonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dong bu. saya juga baru di suramadu ini melewati jembatan antar pulau dan melihat lautan dari atas. mungkin kalau jembatan selat sunda jadi dibangun akan lebih deket mencobanya ya :-)

      Delete
  5. ini foto fotonya di mobil yang sedang bergerak ya, bukankah sekarang kendaraan tidak boleh berhenti di tengah jembatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, foto-foto di atas diambil tanpa melanggar hukum kok :-) maksudnya diambil di mobil yang sedang bergerak dan dari dalam mobil. yang memfoto2 itu istri saya, tapi saya yang memberi pengarahan (teuteup...) sambil saya tetap konsentrasi menyetir.

      karena jembatan suramadu termasuk jalan tol, aturannya adalah tidak boleh berhenti kecuali darurat. tapi banyak yang melanggar, seperti terlihat di salah satu foto di atas. apalagi saat musim libur atau hari raya dimana banyak pengunjung dari luar kota.

      Delete
  6. Pake kamera pocket ajah keren, apalagi menggunakan DSLR. Gimana yah rasanya melewati jembatan ini, smriwing-smriwing gitu kali yah kena sepoy-sepoy angin. Semoga aku bisa kesana kelak. Amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masdede.com, mem-foto dengan kamera pocket perlu sedikit perjuangan untuk mengurangi getaran. apalagi kedua kamera yang saya diatas tidak ada fitur 'anti-shake'. walhasil harus mem-foto berkali untuk obyek yang sama. untungnya ada satu-dua yang lumayan.

      terima kasih komentarnya.

      Delete
  7. Ngarep ada jalur kereta di suramadu, pasti keren...

    dan semoga aja selat sunda segera dibangun jembatan

    ReplyDelete
  8. kapan ya saya bisa menjejakkan kaki di jembatan suramadu?? :D

    ReplyDelete
  9. saya bangga sebagai warga surabaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dong tulis tentang keunikan2 yang ada di kota surabaya. saya pengen menulis tentang pasar genteng dan jajanan tradisional di pasar atom. tapi untuk detailnya pengen berkunjung kesana lagi nanti kalau ada kesempatan.

      Delete
  10. Pengen deh. Kapan waktu kalo ke Surabaya foto di Suramadu :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya disana dilarang berhenti mas untuk foto2. tapi kalau mau coba2 juga silakan. yang penting tetap jaga keselamatan dan lirik depan belakang asal jangan ada pak polisi... anggap aja emang ada kondisi darurat dan menyalakan lampu hazard. darurat karena pengen foto2 :-)

      Delete
  11. Bagi yang berminat ingin melihat Jembatan Suramadu dari tengah laut, kami mempersembahkan paket Suramadu Dinner Cruise untuk rombongan mulai dari 40 orang hingga 400 orang.

    Silakan like fan page kami di www.SuramaduTour.com dan hubungi kami di 031-70496557 / 0881-5045466 / PIN BB: 329734F3 untuk informasi lebih lanjut.

    Salam Suramadu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya berapa pak per pax? Japri aja. Biar saya suatu saat bisa sampaikan kalau ada yang tanya? Atau ada penawaran gratisan buat saya? Biar nanti saya tuliskan di blog ini pengalamannya... hehehe...

      Delete