22 April 2012

Menulis lagi

Akhirnya sempat menulis lagi di blog ini setelah sekian lama terlantar tidak diisi dengan tulisan baru. Sebenarnya tidak benar-benar ditelantarkan. Masih sering dibuka, dibaca, balas komentar atau pertanyaan yang masuk. Tapi memang tidak sempat untuk menambah tulisan. Dan itu sudah berbulan-bulan. Terlalu lama rasanya menunda ingin menulis lagi.

Kenapa tidak bisa/sempat menulis? Bermacam-macam alasan. Sibuk pekerjaan, tidak ada waktu khusus, waktu diprioritaskan untuk keperluan lain, tidak bisa konsentrasi, dan segudang alasan lain kalau memang mau dicari-cari. Sebenarnya kalau mau menyempatkan beberapa menit saja mestinya bisa menghasilkan tulisan. Walau misalnya tentang yang ringan-ringan saja. Tapi itu tidak terjadi dan menulis tinggal tersisa di keinginan saja. Tidak sampai pada tindakan. Masih mendingan, daripada tidak ada keinginan menulis sama sekali.

Apakah kesulitan materi tulisan? Rasanya tidak juga. Banyak hal yang ingin dituliskan dari mulai tanggapan tentang pemberitaan di media massa, kejadian menarik di sekeliling kita, sharing tentang pekerjaan, hobi atau sekedar berbagi tips dan trik tentang suatu hal. Ada juga beberapa pengalaman perjalanan ke obyek wisata, kebetulan memang senang jalan-jalan kalau ada kesempatan dan dananya, yang ingin dituliskan tapi belum juga terlaksana menulisnya.

Kenapa? Sebenarnya alasan2 di atas sudah menjawabnya. Tapi sebenarnya yang saya alami tidak sepenuhnya seperti itu. Yang paling pokok adalah malas, menunda dan tidak termotivasi. Walau kendala2 di atas dan mungkin masih bertambah lagi alasan kita tidak bisa menulis, kalau kita bisa melawan rasa malas alias menjadi rajin, tidak menunda untuk menulisnya dan lakukan secepat mungkin dan tetap mencari suasana agar tetap termotivasi menulis, niscaya akan menghasilkan sebuah tulisan.

Contohnya adalah tulisan ini. Betapa memulai menulis lagi setelah berbulan2 tidak terlaksana adalah hal yang berat. Tapi dengan dipaksa, menuliskan sekarang juga, akhirnya sedikit2 timbul motivasi. Hasilnya adalah tulisan ini. Walau tidak/kurang bagus, paling tidak sudah ada hasil tulisan. Harapan saya, dengan tulisan ini bisa membuka ada tulisan-tulisan baru di blog ini.

Anda setuju dengan pendapat saya?

No comments:

Post a Comment