24 April 2012

Komentar yang berkepanjangan

April 24, 2012
Komentar pada sebuah blog adalah yang hal penting. Dengan komentar akan terjadi interaksi antara penulis dan pembaca. Antara materi bacaan dengan yg mengapresiasi. Dan yang lebih penting lagi dengan komentar dari sebuah tulisan akan memotivasi penulisnya untuk terus menulis dengan tema berbeda. Dalam batas tertentu bahkan bisa menjadi sebuah gengsi. Sebuah tulisan/blog yang banyak komentatornya adalah blog yang terkenal, banyak pembacanya dan tentu saja banyak yang mendapat manfaat dari situ.

Tentu saja kita mengharapkan komentar yang baik di blog kita. Misalnya komentar yang membangun, yang memperkaya tulisan, pertanyaan-pertanyaan yang bagus. Tidak sekedar 'saya suka', dan semacam itu. Mungkin sudah cukup diwakili di Facebook dengan like/jempol nya.

Terus bagaimana jika ada komentar yang panjang lebar di blog kita? pernahkah blog anda di salah satu tulisannya ada komentar yang panjang lebar? Kalau di blog saya belum pernah, tapi saya justru sering berkomentar yang cukup panjang di tulisan sebuah blog. Saya lupa di blog mana saja saya berkomentar seperti itu, tapi ini adalah yang terbaru.

Ini terjadi saat tersesat di blog seseorang, yang kebetulan satu kampung. Penasaran dengan tulisan-tulisannya akan seperti apa. Salah satunya yang menarik saya baca dan saya komentari dengan panjang lebar adalah tulisan tentang slow rock di tahun 90-an. Saya terusik untuk berkomentar karena: pada tahun itu emang saya juga suka musik-musik slow rock dan masa kecil dan musik yg saya dengar saat di kampung.

Saya sertakan komentar yang saya maksud karena bentuknya sudah seperti tulisan tersendiri dan bukan sebuah komentar. Ini lah:

membaca tulisan di atas mengingatkan saya akan dua hal: musik slow rock di era 90-an dan masa kecil saya di jember. tentang slow rock jaman itu, lagu2 yang saya nikmati kebanyakan dari lady rocker indonesia seperti nicky astrea, nicky ardilla dan beberapa lady rocker yang gayanya mirip2 dua rocker sebelumnya. dan kenangan yang paling indah adalah sering mendengarkan "bintang kehidupan" nya nike ardilla saat ada class meeting dan menarik perhatian salah satu cewek kelas 1 sma. itu terjadi di th 1991 saat saya sma di bekasi. tragisnya cinta saya ditolak dan saya ga tahu apa alasannya. mungkin saya bukan tipe nya dia he he he. sejak itu, dah bahkan sampai saat ini kalau mendengarkan lagu2 itu, dan lagu2 slow rock yang populer di jamannya serasa membawa ingatan melayang jauh ke kisah2 jaman abg dulu dengan segala suka dukanya.

sumber mendengarkan musik saat itu adalah radio. untuk lagu pop dulu sering dengarnya di radio sonora, dg acara amkm (anda meminta kami memutar). untuk slowrock kadang2 sering saya dengar di radio ramako. dan biar ga kuper dengan lagu2 top 40 di radio prambors atau mustang. tapi tetap saja kalau mendengar "bintang kehidupan" dan lagu sejenis itu membuat hati langsung "galau" kalau anak sekarang bilang he.he.he.e...

tentang masa kecil, saya lahir dan tinggal di jember, tepatnya jember coret, di desa jombang, kec. kencong, sekitar 40 km barat daya kota jember. tahun 1989 saya lulus smp di desa jombang saya hijrah ke jakarta/bekasi untuk melanjutkan sma disana. lagu2 pada masa kecil yang saya sukai adalah pop cengeng seperti yang dinyanyikan oleh christin panjaitan, betharia sonata, nia daniaty dan lagu2 sejenis itu. sedikit lagu pop kreatif dari kla project, fariz rm, vina panduwinata dan sejenis itu. kesemuanya itu sebagian besar saya dengar dari rri jember. radio swasta seperti suara akbar, suara kartika dan rkpd jember kurang tertangkap bagus di desa saya. harus membuat antena dari bambu yang tinggi untuk bisa menangkap siaran2 radio lainnya.

satu lagi, ada lagu2 terpaksa harus kita dengar. yaitu lagu2 dari rhoma irama dan kosidah nasyida ria yang diputar saat orang punya hajat atau ada pengajian. anda pasti tahu kalau di desa kalau punya hajat saat itu dengan memutar lagu2 tadi dengan pengeras suara (toa). walhasil dari pagi sampai malam bang haji dan nasyida ria selalu mendominasi.

begitulah ternyata lagu2 jaman dulu dan cerita masa kecil, kalau kita ingat2 akan membawa kita seakan2 kita kembali lagi ke masa lalu yang indah, pahit, sedih dan tentu saja tetap indah untuk dikenang.

o ya, salam kenal ya mas, maaf komentarnya kepanjangan. sampeyan di jember kan? kalau aku dulu lahir dan abg di jember, sekarang tinggal di bekasi/jakarta.
logoblog
logoblog

2 comments:

  1. komentar panjang selama masih mengenal topik yg

    dibicarakan sih oke banget
    aku juga suka sekali kalau ada komen yg seperti itu, berarti tulisan kita dibaca kan, apalagi kalau Dari komen itu bisa mancing diskusi, jadi lebih asyik lagi

    komenmu yg panjang soal slow rock itu juga kubaca lho,
    oh iya komen di blog teman2 juga kubaca dulu semuanya supaya komenku nggak sama,
    malah kadang dapat ide posting dari situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bu monda, yang telah ikut komentar lumayan panjang di tulisan ini. terima kasih juga ngasih tahu baca komentar saya yg tentang slow rock itu :-) tulisan ini pun terinspirasi setelah saya comment ke blog nya acacicu.com

      o ya, komentar saya di blog bu monda tentang weekly photo chalange: sun, lumayan panjang juga kan bu? ya itu kebiasaan buruk saya numpang uneg2 di posting di blog orang.. :-)

      Delete