Gimp Tidak Mau Jalan (Segfault) di Kubuntu Natty 11.04

Sewaktu mau pakai Gimp untuk mengedit foto, Gimp nya ngadat tidak mau start. Di klik hanya ada tanda menunggu sebentar dan Gimp lenyap tidak mau jalan.

Akhirnya coba cari tahu apa penyebabnya dengan cara mengetik 'dmesg' di terminal. Ketemu penjelasan seperti ini:
[15516.120612] gimp-2.6[3526]: segfault at 4 ip 009da6ff sp bfe7c680 error 6 in libgtk-x11-2.0.so.0.2400.4[7dd000+3d1000]

Wah berarti ada masalah nih. Saya berfikir jangan-jangan karena ram nya kurang besar hingga tidak bisa membuka aplikasi karena saya membuka beberapa program secara bersamaan. Dan ternyata masalahnya bukan itu saat saya googling dengan menggunakan keyword “gimp segfault ubuntu” terdapat beberapa penjelasan serta solusinya.

Saya mencoba yang ada di Launchpad aja. Biasanya cukup cepat kalau ada bug atau permasalahan. Baik yang melaporkan bug atau yang memberi solusi mengatasi bug. Dari sini saya mendapatkan workaround untuk mengatasi bug ini. Dan sementara ini belum ada bug-fixed nya.

Caranya adalah dari System Setting – Application Appearance – Gtk Appearance – widget style ganti dari oxygen-gtk menjadi raleigh. Setelah selasi klik apply. Lalu coba jalankan Gimp. Untuk kasus yang saya alami cara ini berhasil dengan baik. Lalu tutup Gimp nya dan kembali lagi ke Gtk Appearance tadi dan kembalikan dari raleigh menjadi oxygen-gtk. Coba jalankan Gimp lagi, dan akhirnya Gimp nya mau jalan lagi.

Post a Comment