Problem transfer file via bluetooth di Ubuntu Maverick Meerkat

Saya senang memindahkan apa yang ada di gadget ke laptop saya menggunakan bluetooth. Contohnya misalnya beberapa draft tulisan untuk blog ini saya buat di handphone android saya dengan metode menulis cepat. Lalu saya pindahkan ke laptop untuk diedit dan finishing akhir sehingga menjadi tulisan. Foto-foto untuk blog ini juga demikian. Foto-foto sebagian saya ambil pakai handphone lalu ditransfer ke laptop menggunakan bluetooth.

Sialnya di Ubuntu 10.10 yang saya pakai secara default tidak bisa langsung digunakan untuk transfer file via bluetooth. Ubuntu bisa mengenali device bluetooth jika tersedia atau saat dipasang. Sampai pairing pun sudah bisa dilakukan. Tapi saat dicoba untuk transfer file selalu gagal.

Agak mengherankan memang di Ubuntu ini, secara default Ubuntu bisa mengenali dan pairing dengan device bluetooth tapi tidak dilengkapi dengan paket lain yang standar untuk transfer file. Hal ini ketahuan saat mengecek preference|receive files, ada error bahwa paket personal file sharing belum terinstall atau tidak terinstall secara sempurna.


Untuk mengatasinya adalah dengan menginstall paket yang dibutuhkan, yaitu personal file sharing. Ini bisa kita lakukan lewat Ubuntu Software Center. Setelah masuk coba masukan kata kunci “personal” maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Lalu centang untuk menginstallnya. Tentu saja anda harus punya koneksi internet.


Anda pun bisa juga install lewat CLI dengan mengetikkan perintah “sudo apt-get install gnome-user-share”. Ini juga memerlukan koneksi internet untuk menginstallnya.

Setelah program kecil ini terinstall tinggal melakukan setting standar untuk transfer filenya. Di bawah ini adalah setting pada laptop saya.


Dan voila! Setelah setting selesai langsugn dicoba untuk transfer file langsung lancar jaya. File-file hasil transfer akan tersimpan di directory /home/[nama user]/Downloads. Atau bisa dilihat via Places|Downloads. Alangkah bagusnya jika pada release Ubuntu mendatang paket ini bisa disertakan secara default.

2 comments

  1. Terima kasih mas atas infonya.

    Terus terang saya masih bingung. Kebetulan saya juga pakai Ubuntu 10.10 dan sejak satu tahun yang lalu saya masih belum bisa mengoperasikan bluetooth di Ubuntu untuk transfer file.

    Saya sudah coba untuk menginstall Personal File Sharing tapi tetap saja tidak bisa digunakan, padahal sudah terdeteksi.

    Saya mohon pencerahanannya agar dapat dijelaskan step by step bagaimana mengirim dan menerima file menggunakan bluetooth (dengan asumsi saya sudah menginstall Personal File Sharing).

    Danke. Terima kasih banyak.


    http://www.sinarpelangi.com

    ReplyDelete
  2. Rekan Andra,
    Terima kasih atas comment nya. Dan saya juga sudah berkunjung ke blog anda, dan ternyata keren. Tulisan2nya dalam bahasa Inggris. Aku pengen seperti itu tapi belum kesampean.

    Perihal bertukar file lewat bluetooth, sejauh yang saya coba, ga terlalu sukar kok.

    Yang perlu diperhatikan:
    - Bluetooth sudah diaktifkan, baik di komputer dan di gadget nya. Kalau saya kedua2nya saya set discoverable.
    - Pastikan antara komputer dan gadget nya sudah dilakukan pairing. Caranya bisa dimulai dari service bluetooth di laptop (klik kanan pada icon BT lalu pilih opsi 'add device' ikuti saja petunjuak selanjutnya. Kalau berhasil nanti ada pemberitahuan dan sebaliknya kalau gagal pairing. Nah pairing inilah yang bisa jadi tanda apakah antara perangkat bluetooth itu sudah terkoneksi dengan baik atau tidak.
    - Tes kirim/terima file, klik kanan file yang akan di send, pilih send via bluetooth dan biasanya akan langsung keterima di laptop/pc kita.

    Sepintas sih begitu saja. Dan maaf ya kalau belum bisa memberikan tutorial yang rinci step by step. Dan silakan tanya lagi kalau ada masalah. Kalau saya tahu, saya akan coba bantu.

    ReplyDelete

Post a Comment