Lenovo G450 4362



Sudah hampir setahun umur laptop ini. Menggantikan laptop lama yang pernah saya tuliskan di blog saya yang lama.

Kenapa saya harus ganti laptop? Sementara laptop yang lama masih bagus dan berfungsi dengan baik? (kecuali batrei Axioo yang sering kejadian cepet drop). Saya berfikir karena pengen menggunakan laptop disamping untuk pekerjaan kantor sehari-hari, juga untuk menyalurkan hobi kotak katik. Terutama untuk mencoba Ubuntu, distro Linux yang dari pertama coba sampai sekarang jadi makin tertarik untuk memakainya. Nah, dengan laptop yang lama, saya tidak bisa menikmati kemampuan efek desktop yang indah. Memang ada beberapa trik untuk bisa menjalankan desktop effect, tapi itu memakan waktu dan fikiran sehingga tidak bisa mencoba sisi lainnya dari Linux. Hanya habis untuk mencari tahu bagaimana bisa menjalankan efek pada graphic card yang bukan mainstream. Dan hingga saat ini pun belum ada support dari Via untuk pengembang linux. Walau pernah dikabarkan akan lebih 'friendly' untuk pemakai linux.

Akhirnya terfikirlah untuk membeli lagi laptop, yang tentu dengann spesifikasi yang lebih ramah linux. Karena itu setiap pilihan harus saya pertimbangan apakah hardware nya bermasalah dengan linux yang saya pakai atau tidak.

Kenapa Lenovo? Susah jawabnya. Tapi alasan utama saat membelinya adalah harga. Saya memang mencari laptop kelas 'value'. Terus di koran juga sedang gencarnya promo produk ini dengan harga khusus. Kalau tidak salah waktu itu ditawarkan dengan harga Rp. 4.500.000. Maka langsung dicarilah info seputar laptop ini dan linux. Khususnya ubuntu. Dari beberapa review umumnya tidak ada masalah dengan linux makanya saya langsung memutuskan untuk mengambil laptop ini.

Masalahnya adalah dari semua promosi itu menunjuk tokonya yang ada di Jakarta. Wah berarti harus ke Jakarta dong. Padahal saat itu kesibukan lebih banyak di Bekasi. Kerja di Kawasan Industri Cibitung dan tinggal di Bekasi Selatan. Tapi untunglah di Bekasi ada pusat komputer yang belum lama buka. Namanya Bekasi Cyber Park yang terletak di seberang Metropolitan Mall Bekasi.

Dari toko yang ada saya mencoba menanyakan merk dan jenis laptop. Dan bagusnya lagi stoknya ada. Harga pun masih sama persis dengan promosi di koran, tidak bisa ditawar. Tanpa pikir panjang saya putuskan saja untuk membeli. Nah saya baru tahu ternyata para dealer ini cukup 'patuh' kepada merk yang memberikan harga khusus atau diskon biar sesuai dengan yang dipromosikan. Jadi kalau pun menanyakan di toko sebelahnya harganya pasti tetap sama. Saya juga pernah mengecek merk lain dan ternyata harganya juga tidak bisa diotak atik karena itu harga promo.

Nantinya laptop ini saya akan pasangi (dual boot) Windows dan Ubuntu. Dan saat ini adalah sudah hampir setahun Lenovo ini saya gunakan untuk hobi dan bekerja.

Ini adalah spesifikas singkat:
Intel Core Duo T4300 (2.1GHz, 800MHz FSB, 1MB L2 Cache), 14.0" LED WXGA High Definition Glossy Widescreen Display, 1GB DDR3, 160GB SATA 5400rpm, DVD Recordable, Intel Graphics Media Accelerator X4500, Lenovo b/g, 10/100 LAN, BlueTooth, Camera, Veriface (Face Recognition Technology), 6 cell, DOS , Dove casing model, 1 Year Warranty Parts

Post a Comment